Peduli Lingkungan Tim KKN Posko 3 UIN Walisongo Tanam 1000 Pohon Untuk Anak Cucu Banjarejo

UIN Walisongo Online; Semarang- Dalam rangka menghijaukan kembali kawasan produktif di Desa Banjarejo, Tim Posko 03 KKN UIN Walisongo membagikan 1000 bibit aneka pohon siap tanam kepada masyarakat Desa Banjarejo, Rabu, 13 November 2019. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Tim Posko 03 kepada lingkungan desa yang dirasa masih sangat produktif untuk di manfaatkan. Kegiatan yang bertajuk “1000 pohon untuk anak cucu Banjarejo“ ini merupakan salah satu agenda dari divisi lingkungan hidup tim Posko 03 yang di-support oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mana mereka membantu dalam pengadaan bibit untuk kemudian didistribusikan kepada masyarakat. Adapun jenis bibit tanaman yang diberikan terdiri dari jenis tanaman keras seperti sengon, trembesi dan bungur, juga jenis tanaman buah diantaranya buah sirsak, alpukat, jambu biji dan rambutan.
Kegiatan tanam pohon ini diselenggarakan dalam dua rangkaian. Adapun rangkaian yang pertama yaitu Apel serah terima bibit dari Tim Posko 03 KKN UIN Walisongo kepada pihak perangkat Desa Banjarejo yang disaksikan oleh BPD (Badan Pengawas Desa) juga beberapa ketua RT dan RW. Adapun rangkaian yang kedua yaitu distribusi bibit pohon ke empat dusun yang ada di Desa Banjarejo; Sigunung, Siberi, Rejowinangun (Sekolo) dan Banjarejo (Krajan). Kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat positif dari berbagai pihak, salah satunya adalah Pak Rinto; Kepala Dusun Rejowinangun. “Kami mewakili masyarakat Desa Banjarejo khususnya Dusun Rejowinangun mengucapkan terima kasih kepada Tim Posko 03 KKN UIN Walisongo yang mengupayakan bibit pohon untuk kami“ ungkap Pak Rinto. “Kegiatan ini sangatlah tepat karena melihat potensi alam yang sangat bagus di desa ini ditambah sudah mulai memasuki masa tanam dan itu sangat mendukung sekali, jadi pohon yang ditanam akan bisa langsung tumbuh dengan baik“ tandasnya ketika ditanya perihal potensi alam desa ini.
Kedua rangkaian dalam kegiatan ini berlangsung dengan sangat baik dan lancar. Senyum bahagia nampak bermekaran di wajah hadirin yang hadir di Balai Desa saat itu. “Harapannya semoga bibit pohon yang telah ditanam oleh warga bisa bermanfaat, meski belum bisa dirasakan dalam waktu dekat ini, kami yakin anak cucu kami yang akan menikmatinya kelak, terima kasih Tim Posko 03 KKN UIN Walisongo“ pungkas Bapak Tony Dwi Susanto, Kepala Desa Banjarejo dalam sambutannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X