KKN UIN WALISONGO RESMIKAN PERPUSTAKAAN MASJID DAN TERBITKAN BUKU ANAK SHOLEH

UIN Walisongo Online; Semarang- Minggu, 17 November 2019. Dalam rangka memberdayakan Agama berbasis Masjid, mahasiswa KKN UIN Walisongo Posko 14 resmikan Perpustakaan Masjid Baitussalam dan terbitkan Buku Anak Sholeh. Pengadaan perpustakaan Masjid ini merupakan inisiatif dari mahasiswa KKN mengingat pentingnya budaya literasi bagi generasi saat ini. Berawal dari program Pembersihan Masjid dan Musholla se-Desa Salamsari yang diadakan tiap hari Jumat dan Minggu ini, perpustakaan masjid akhirnya didirikan di salah satu dusun, yakni Krajan 1.
“Masjid bukan hanya sarana ibadah seperti sholat, tetapi juga dapat menjadi tempat untuk ukhuwah dan menimba ilmu. Maka dari itu kami berinisasi mendirikan Perpustakaan Masjid Baitussalam, mengingat masjid ini adalah masjid sentral di Desa Salamsari, Boja, Kendal dan tempatnya juga strategis di Jalan Raya menuju Limbangan. Saya kira ini sangat bermanfaat untuk jamaah dan musafir yang bersinggah untuk sholat dan duduk santai sambil membaca buku Perpustakaan. Ini juga bagian dari pemberian kami untuk Warga Desa Salamsari” Jelas Abdurrohman al-Hadi sebagai Koordinator TIM KKN Posko 14.
Donasi buku yang diberikan mahasiswa KKN mayoritas bertema Islami dengan jumlah ratusan buku. Buku-buku Atlas, Panduan Sholat, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, dan buku pengetahuan Islam pun turut diberikan.
“Ini merupakan program yang bagus. Terimakasih atas pemberian tong sampahnya ke Balai Desa, SD, TK, musholla-musholla dan Masjid. Terimakasih pula pengadaan Perpustakaannya.” Singkat Kamin, Kepala Desa Salamsari sebelum diresmikannya Perpustakaan Masjid.
Nantinya, buku-buku ini akan dikelola oleh Remaja Masjid Baitussalam yang merupakan bagian dari Ikatan Remaja di Dusun Krajan 1.
“InsyaAllah akan kami jaga dan rawat buku-buku ini di perpustakaan dengan baik. Terimakasih TIM KKN UIN Walisongo.” sambut Aji, remaja Masjid Baitussalam pada acara Gebyar Rakyat Salamsari dalam Pengajian Akbar dan Perpisahan KKN UIN Walisongo bersama warga.
Bukan hanya memberikan buku-buku Islami ke Perpustakaan, TIM KKN Posko 14 juga menerbitkan Buku Anak Sholeh. Buku Anak Sholeh ini berisi sholawat-sholawat, Asmaul Husna, dan doa-doa pendek.. Nantinya akan diberikan ke TPQ Nurul Iman, TPQ Rahmatullah, dan Perpustakaan Masjid Baitussalam. Mengingat pentingnya anak-anak di TPQ mengerti, memahami, dan menghafalkan apa yang ada di dalam Buku Anak Sholeh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X