Upaya Meraih Akreditasi Maksimal, Klinik Pratama adakan Kunjungan Kerja ke Klinik Anisah

UIN Walisongo Online; Demak – Dalam rangka persiapan akreditasi klinik pratama UIN Walisongo Semarang melakukan kunjungan kerja atau studi banding ke Klinik Anisah di Demak, Selasa (3/12). Klinik Anisah dipilih dengan pertimbangan bahwa nilai akreditasi klinik ini adalah paripurna (A).

Rombongan dari UIN Walisongo dipimpin oleh dr. Hj Sri Hartiningsih, Kepala Klinik Pratama Walisongo. Ikut serta dalam kegiatan ini adalah unit terkait seperti Bagian Umum, Keuangan, Kepegawaian dan Kerjasama. Rombongan diterima langsung oleh pemilik sekaligus Kepala Klinik Anisah, dr. Siti Anisah yang juga menjadi Kepala Puskesmas Karanganyar I Kabupaten Demak.

Dalam sambutannya, dr Siti Anisah menyampaikan pesannya untuk selalu semangat dalam upaya merintis akreditasi.
“Untuk memperoleh akreditasi paripurna, sudah kami rintis sejak tahun 2018. Ada beberapa kali pertemuan juga dari Dinas Kesehatan sebelum dilakukannya penilaian. Jangan keder duluan melihat berkas yang harus disiapkan. Akreditasi harus dihadapi. Mungkin memang untuk memulainya itu membingungkan, tetapi bila sudah terjun langsung pasti menikmati. Yang penting semangat tidak boleh kendor.” Ungkapnya.

dr Sri mewakili pimpinan UIN Walisongo menyampaikan bahwa UIN sangat berkeinginan agar dengan belajar ke klinik Anisah, maka ada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan sesuai dengan standar mutu yang optimal, sehingga juga bisa mendapatkan pengakuan dengan penilaian akreditasi yang maksimal.
“Kita optimalkan apa yang dimiliki UIN. Karena unit juga tidak sebanyak di klinik Anisah ini. Saya berharap teman-teman semua dapat belajar dan mengadopsi apa yang ada disini.”

Kebersihan juga menjadi poin plus tersendiri yang disorot oleh dr Sri. Sistem tanggung jawab kebersihan merupakan salah satu poin yang dapat diadopsi.
Klinik Anisah memiliki beberapa unit, diantaranya radiologi, laboratorium, poli gigi, USG dan poli umum. Saat ini jumlah pegawai dan dokter mencapai 25 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X