Kunjungan LP2M UIN Walisongo ke UIN Sunan Kalijaga

UIN Walisongo Online; Semarang – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo Semarang berkunjung ke LP2M UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Selasa (3/12/2019). Kegiatan ini dalam rangka penguatan pengelolaan jurnal terakreditasi menuju jurnal internasional bereputasi.
Menurut Sekretaris LP2M UIN Walisongo, kunjungan ini sangat penting untuk menguatkan jurnal- jurnal di UIN Walisongo. “Kunjungan team LP2M bersama 34 pengelola jurnal yang ada di UIN Walisongo belajar bagaimana mempercepat internasionalisasi jurnal UIN Walisongo,” paparnya.
Rombongan tiba di lokasi pukul 09.00 WIB dan disambut team LP2M UIN Sunan Kalijaga di kantornya.
Saat acara berlangsung, Kapuslitbit UIN Sunan Kalijaga Muhrisun, MSW., Ph.D mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat datang dan memuji kekompakkan team. “Jurnal bagus bukan hanya karena besarnya anggaran, tapi team yang solid dan memiliki kemistri,” terangnya disambut tepuk tangan hadirin.
Memasuki acara inti, Dr. Moch Nur Ichwan, M.A. menyampaikan kriteria umum jurnal internasional.
“Memiliki standar bahasa internasional yaitu Inggris, Perancis, Spanyol, Arab, Cina. Penulis minimal dari dari 3 negara. Integritas pengelola dan reviewer serta kualitas tulisan,” paparnya.
Lebih lanjut, Dr. Ichwan mengajak untuk merujuk kriteria umum jurnal internasional menurut Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Sementara itu, Ketua LP2M UIN Sunan Kalijaga Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A. juga menyempatkan hadir diakhir acara. Dalam paparannya, ia menilai jurnal-jurnal UIN Walisongo memiliki potensi yang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X