Jurusan Kimia FST UIN Walisongo Undang Dr. Yacouba Sanou dari University Joseph KI-ZERBO, Ouagadougou City, Burkina Faso

UIN Walisongo Online; Semarang – Rabu, 4 Desember 2019 Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang melaksanakan kegiatan kuliah tamu dengan nara sumber Dr. Yacouba Sanou, M.Sc dari Burkina Faso. Yacouba Sanou merupakan dosen dari University Joseph KI-ZERBO, Ouagadougou City, Burkina Faso yang menekuni bidang Kimia Lingkungan. Salah satu tujuan kedatangannya ke Indonesia adalah untuk diseminasi dari hasil penelitian yang dilakukan. Acara kuliah tamu dilaksanakan di Aula – Q Kampus 2 UIN Walisongo Semarang. Tema dalam kegiatan kuliah tamu yaitu “Environmental Pollution (Water, Soil, and Air)”
Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Dr. H. Ismail, M. Ag. selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Saminanto, S.Pd, M.Sc.selaku Wakil Dekan I. Ketua Program Studi Pendidikan Kimia, Sekretaris Program Studi Pendidikan Kimia, Sekretaris Program Studi Kimia, Dosen, Mahasiswa Program Studi Kimia dan Pendidikan Kimia, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia UIN Walisongo Semarang dan Undangan lainnya.
Kegiatan dimulai dengan kata sambutan sekaligus membuka acara oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. H. Ismail, M. Ag. Beliau menyampaikan ucapan selamat datang kepada Dr. Yacouba Sanou, M.Sc di UIN Walisongo Semarang. Dr. H. Ismail, M. Ag. Juga menyampaikan bahwa mendatangkan Dr. Yacouba Sanou merupakan suatu keberkahan dan titik awal yang baik untuk menjalin kerjasama, membuka International networking, dan penelitian kolaboratif. Oleh karena itu beliau menghimbau kepada seluruh mahasiswa dan dosen untuk memanfaatkan momentum ini untuk menimbah ilmu sebanyak-banyaknya.


Selanjutnya kegiatan inti yaitu kuliah tamu. Moderator kegiatan kuliah tamu ini yaitu Bapak Kustomo, M. Sc. Kegiatan ini dimulai dengan pembacaan CV Dr. Yacouba Sanou. Kuliah tamu yang dibawakan Mr Sanou adalah mengenai Chemistry and Enviroment. Materi kuliah tamu berisi kajian umum tentang kimia lingkungan dan isu masalah lingkungan yang terjadi di sekitar baik dari penyebab alami maupun akibat dampak manusia. Beliau membahas mengenai sumber polusi yang terjadi pada air, tanah, dan udara dan cara mengatasinya. Dr Yacouba memulai kegiatan dengan memberikan motivasi kepada peserta kuliah untuk menjaga lingkungan sebagai tempat tinggal makhluk hidup. Lingkungan hidup dapat didekati dari semua disiplin ilmu antara ilmu kimia, sehinga muncul ilmu kimia lingkungan. Hal ini wajar karena semua komponen baik komponen biotik maupun komponen abiotik yang menyusun lingkungan hidup terdiri dari unsur dan senyawa kimia, di mana saja akhirnya semua keadaan fisik memerlukan analisis dan penentuan-penentuan secara proses kimia. Dengan demikian ilmu kimia memegang peranan penting dan turut menentukan dalam penyelesaian serta memecahkan masalah lingkungan hidup.


Selanjutnya Dr. Yacouba Sanou menjelaskan tentang pengaruh iklim terhadap ketersediaan air yang ada di bumi. Pada pemaparan Dr. Yacouba menggambarkan tentang daerahnya Afrika Barat yang kesulitan air disebabkan karena iklim yang tidak menentu. Kesulitan air ini dapat diatasi dengan meningkatkan pengelolaan sumber daya air terpadu. Kegiatan kuliah umum diakhiri dengan sesi tanya jawab. Peserta cukup antusias dan berpartisipasi aktif dalam kuliah tamu ini. Beberapa pertanyaan diantaranya adalah mengenai limbah radioaktif dari nuklir, solusi dari limbah plastik yang sulit terurai di alam, kondisi lingkungan dan cara pemerintah mengatasi pencemaran lingkungan di Burkinafaso

Sumber : HUMAS-SAINTEK (EIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *