HMJ D3 PERBANKAN SYARIAH FEBI UIN WALISONGO SEMARANG SELENGGARAKAN WARDAH BRIGHT DAY

UIN Walisongo Online; Semarang- 13/12/2019 – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) D3 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Binis Islam UIN Walisongo Semarang mengadakan acara WARDAH BRIGHT DAYS. Kegiatan ini mengangkat tema “Lets Improve Your Career” yang bertempat di Auditorium I lantai I Kampus I UIN Walisongo Semarang. Pembukaan Wardah Bright Days dipandu oleh saudari Nur Kholifatur Rizqiyah. Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an yang dipimpin oleh saudara Akil Nur Hakim serta menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh saudari Ayu Lestari Afinata.
Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) D3 Perbankan Syariah saudara Faisal Fikri. Sambutan kedua oleh Bapak A. Turmudi S.H., M.Ag., selaku Ketua Jurusan D3 Perbankan Syariah, dan yang terakhir adalah sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang Bapak Dr. H. Muhammad Saifullah, M.Ag, sekaligus membuka acara Wardah Bright Days hari ini.
Selanjutnya memasuki acara inti yaitu Sosialisasi Wardah Bright Day. Dalam acara ini disampaikan oleh Sdri. Denti dan Sdri. Tanta sebagai moderator acara Wardah Bright Days, dalam acara ini para peserta diberikan sebuah Qcard sebagai media peserta untuk menyelesaikan games/ tantangan dari pihak Wardah. Setelah mereka memyelesaikan semua missinya maka akan mendapatkan bonus produk gratis dari Wardah.
Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi. Materi yang pertama tentang “101 Skin Care Routin” oleh Sdri. Duhita Amaranggana Jani selaku Bisnis Development Manager Wardah. Materi kali ini dengan tema CINTA, dimana salah satu bentuk cinta yaitu rasa cinta kepada diri sendiri dengan dibuktikan dengan merawat diri sendiri. Saudari Dita menyampaikan cara-cara untuk merawat diri sendiri melalui tips berikut:
1. Mengetahui jenis kulit
2. Mengetahui tipe kulit/ know your skin type first (Normal, Combination, Dry, dan Oily),
3. Mengaplikasikan skincare sesuai dengan jenis kulis, dan mengaplikasikan skin care secara rutin pada pagi hari meliputi: facial wash, facial toner and booster, serum, dan muoisturizer. yang berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari.
4. Pada malam hari ada: cleanser, facial wash, facial toner and booster, serum, dan moisturizer, dengan kegunaan meregenerasi kulit.
5. Weekly skin care routin, yaitu ada scrub/exfoliating (pengelupasan untuk meregenerasi kulit yang mati dan memakan masker wajah dengan kegunaan mengencangkan, menutrisi, serta menghaluskan kulit).
Setelah pemaparan selesai peserta diberikan pertanyaan dan yang berhasil menjawab diberikan bonus Wardah nature daily sheet masker. Acara pun berlalu dengan sangat meriah dan peserta sangat antusias dalam mendengarkan dan menjawab pertanyaan dari pemateri.
Kemudian ada pemaparan materi kedua tentang “Public Speaking” oleh Sdri. Hanny Nurmalita sebagai Presenter TVRI Jawa Tengah. Pemateri menyampaikan bahwa Public speaking merupakan seni berbicara di depan umum dengan tujuan untuk persuading, informing, dan entertaining (menghibur) para audiens. Dalam public speaking kita memulai belajar dengan apa yang kita sukai terlebih dahulu, lalu memulai mempraktikkan di depan umum. Hal lain yang harus diperhatikan dalam public speaking yakni ada keberanian. Selain itu, perasaan gugup merupakan perasaan awal dalam menghadapi rasa takut. Adapun beberapa hal yang disampaikan oleh pemateri terkait public speaking, sebagai berikut:
1. Penguasaan diri, yakni merupakan salah satu cara mengendalikan gugup. Penguasaan diri ada gesture, intonasi, dan kata-kata. Dalam public speaking juga harus memperhatikan hal-hal yang perlu dilakukan dan hal yang tidak perlu dilakukan melalui seluruh badan dan gesture tubuh kita. Postur tubuh kita akan memaparkan bagaimana kondisi tubuh/ kesiapan kita. Unsur unsur teknik vocal yaitu ada senyum, suara diafragma, intonasi, artikulasi, pernapasan, phraseing, power.
2. Penguasaan Materi, yakni dengan menguasai benar materi yang akan disampaikan, kenali tempat dan audience dengan baik, menulis catatan penting, dan latihan-latihan.
3. Penguasaan Audience, dengan membuat suasana bersahabat, membangun antensi peserta, berinteraksi dengan audience.
Setelah pemaparan dari pemateri kedua, ditutup dengan sebuah statement yang disampaikan oleh Sdri. Hanny Nurmalita bahwa “pasti kita semua awalnya adalah pembicara yang buruk (All the great speakers were bad speakers at first) dengan menguasai dan memperbaiki semuanya kita pasti bisa memiliki publick speaking yang bagus”.
Acara selanjutnya disambung dengan hiburan berupa Akustik yang didatangkan dari Semarang. Peserta sangat menikmati persembahan lagu yang dinyanyikan, bahkan beberapa peserta ikut maju ke depan untuk berjoget bersama. Setelah itu, dilanjutkan dengan acara Beauty Class yang bertempat di Audit I lantai II Kampus I UIN Walisongo Semarang. Acara Beauty Class dipimpin oleh Sdra. Ronan dan Sdra. Yulia dari pihak Wardah. Dan acara ditutup dengan pembagian best makeup dari pihak Wardah kepada peserta.
Acara Wardah Birght Days merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Wardah dan HMJ D3 Perbankan syariah. Wardah Bright Days 2019 adalah event kedua yang diselenggarakan di UIN Walisongo Semarang. Acara ini bukan hanya diikuti oleh mahasiswa UIN Walisongo namun juga untuk umum. Jumlah pendaftar acara Wardah Bright Days mencapai 2000 peserta namun peserta yang dapat mengikuti seminar sekitar 300 peserta. Dan sisa dari peserta tersebut dapat mengikuti serangkaian acara Wardah Bright Days berupa Fun Games, Boot Selling dan tentunya mendapatkan bingkisan menarik dari Wardah.
Harapan diadakannya acara Wardah Bright Day 2019 agar acara ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam mengetahui bagaimana tampil menjadi pribadi yang good looking yaitu dengan merawat dan mempercantik diri serta terus mengembangkan potensi diri yang salah satunya adalah dengan berlatih public speaking. Acara ini selesai pada pukul 14.00 WIB dan selanjutnya ditutup dengan foto bersama dengan seluruh panitia dan Wardah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X