Tingkatkan Moderasi Beragama dan Kualitas Riset; Dosen Biologi FST UIN Walisongo Ikuti Workshop di King Mongkut’s University of Technology Thonburi, Thailand

Dr Lianah Dosen Fakultas  Sains dan Teknologi UIN Walisongo saat berikan materi di King Mongkut’s University

UIN Walisongo Online; Thailand – Dr. Lianah, M.Pd, Dosen Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi mendapat kesempatan dari Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Kementerian Agama mempelajari praktik keagamaan islam di Thailand, 11-20 Desember 2019. Kegiatan yang merupakan rangkaian dari workshop penguatan kapasitas riset ini, menjadi ajang para dosen terpilih di PTKIN dalam mempelajari wacana moderasi keislaman di Thailand.

Dalam lawatannya selama 10 hari di Thailand, Dr. Lianah, M.Pd bersama rombongan berkesempatan mengunjungi beberapa landmark di Thailand yang bernuansa Islam. Tempat pertama yang dikunjungi oleh rombongan adalah masjid Jawa. Masjid yang bercorak budaya jawa ini menjadi perhatian lebih rombongan dari Kemenag.

Sebagaimana penuturan Dr. Lianah, M.Pd, tidak hanya menggunakan nama pulau Jawa, ritual keagamaan yang diselenggarakan oleh masjid tersebut juga sangat dipengaruhi oleh nuansa jawa sentris. Bahkan imam masjid yang berlokasi di Kota Bangkok tersebut masih merupakan keturunan Semarang Jawa.

“Beberapa kegiatan di Masjid Jawa Bangkok Thailand diantaranya adalah yasinan rutin dan tahlil, kegiatan ini dipimpin oleh Imam Rangsang yang merupakan Muslim asli dari semarang dari garis keturunan nenek moyangnya”, Ungkap Lianah.

Lebih lanjut Dr. Lianah menuturkan bahwa masjid tersebut dapat dijadikan salah satu destinasi mahasiswa PKL dan KKL jika nanti ada program kerjasama dengan Thailand.

“Banyak hal yang dapat dipelajari mengenai potret kesilaman di Thailand, salah satunya adalah keberadaaan Masjid ini, Masjid ini memungkinkan untuk dijadikan sebagai objek Pengabdian, PKL bahkan mungkin KKN”, Tambahnya.

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa Islam merupakan agama minoritas di Thailand, dan eksitensi masjid dan ritual-ritual kegamaaan yang ada merupakan hal yang menarik untuk dikaji lebih mendalam. Selain mengunjungi Masjid, rombongan juga diterima langsung oleh para perjabat di KBRI Thailand. Beberapa tempat bercorak kesilaman yang dikunjungi oleh Dr. Lianah, M.Pd dan rombongan diantaranya adalah Icon Siam, Masjid Indonesia, Pasar Muslim Pracha Uthit dan Islamic Center Thailand.

Seusai melakukan serangkain acara terkait keislaman di kota Bangkok, Dr.Lianah, M.Pd bersama rombongan bertolak ke King Mongkut’s University of Technology Thonburi untuk hadir dalam forum akademik international.  Keikutsertaan Dr. Lianah, M.Pd dalam kegiatan tersebut sebagai upaya peningkatan kualitas riset dan publikasi di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Kementerian Agama. Kegiatan berlangsung selama 10 Hari, selain diberi kesempatan untuk dapat lebih mendalami riset, para peserta juga melakukan diskusi mengenai peluang kolaborasi riset yang dapat dilakukan di Indonesia dan Thailand dengan para akademisi di King Mongkut’s University of Technology Thonburi.

Dr. Lianah, M.Pd juga turut mempresentasikan beberapa program unggulan dari UIN Walisongo Semarang dan Fakultas Sains dan Teknologi kepada para akademisi yang hadir pada kegiaran tersebut. Harapannya kegiatan ini selain dapat memperkuat networking FST UIN Walisongo dengan Universitas di level internasional, juga dapat memberi kontribusi positif bagi pengembangan riset di lingkungan perguruan tinggi keagamaan islam negeri, Kementerian Agama RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X