FISIP UIN Walisongo dan KPU Jateng Sosialisaikan Rumah Pintar Pemilu

UIN Walisongo Online; Semarang – Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan talkshow bertajuk “Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Digitalisasi Rumah Pintar Pemilu KPU Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019(18/12). Kegiatan yang diadakan di ruang AI lantai 1 Gedung FISIP ini merupakan bentuk pengembangan nilai-nilai sekaligus usaha dalam meningkatkan kesadaran demokrasi dan pemilihan umum (pemilu). Talkshow ini menghadirkan 2 narasumber yaitu Dekan FISIP UIN Walisongo Dr Hj Misbah Zulfa Elisabeth MHum dan perwakilan KPU Jateng Diana Ariyanti SPd.

Dalam paparannya, Dr Hj Misbah Zulfa Elisabeth menekankan bagaimana cara meningkatkan preferensi generasi milenial dalam proses demokratisasi Indonesia.

“Populasi kaum milenial sebagai pemilik hak pilih pemilu mencapai 50% sehingga sangat penting untuk dilaksanakan sosialisasi pendidikan pemilih kepada kaum milenial”, ungkap beliau.

“Generasi milenial memiliki kecenderungan menggunakan jejaring sosial atau apapun yang berbasis daring, sehingga dalam melaksanakan strategi sosialisasi pentingnya pemilu harus berbasis hal semacam itu”, pangkasnya.

Diana Ariyanti SPd memaparkan tentang bentuk digitalisasi Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU.

“RPP merupakan salah satu program unggulan KPU dalam rangka membantu mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya demokrasi dan pemilu”, ucap beliau.

Acara talkshow ini diikuti oleh 45 peserta dari kalangan dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UIN Walisongo Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X