WHPDC FPK UIN Walisongo Lakukan Asesmen Kepala TU dan Kepala MIN Se-Jateng

UIN Walisongo Online; Semarang- Sesuai dengan Keputusan Menteri Agama No. 207 tahun 2013, asesmen kompetensi perlu dilakukan untuk menjamin objektivitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam pengembangan, promosi dan mutasi pegawai negeri sipil di lingkungan kementerian agama.

Penyelenggaraan asesmen kompetensi di lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah sejak tahun 2017 telah dilakukan, bekerjasama dengan Walisongo Health and Professional Development Center (WHPDC) yang dipercaya sebagai penyedia tenaga ahli asesor psikologi.

WHPDC adalah pusat layanan psikologi di bawah FPK UIN Walisongo Semarang yang telah berpengalaman menangani kegiatan asesmen untuk tujuan promosi, mutasi maupun uji kompetensi psikologis bagi pegawai struktural maupun fungsional di lingkungan lembaga pemerintah maupun swasta.
Hari ini, bertempat di Asrama Haji Islamic Center Semarang, tanggal 10 Des 2019 dilaksanakan Asesmen Promosi Kepala Madrasah dan Kepala Urusan Tata Usaha Madrasah se-Jateng. Penyelenggara kegiatan adalah Biro Kepegawaian dan Bidang pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jateng, bekerjasama dengan WHPDC FPK UIN Walisongo.

Jumlah peserta asesmen adalah 45 orang calon Kepala urusan TU madrasah dan 26 org calon Kepala MIN dari seluruh Kankemenag Kab/Kota se-Jawa Tengah.

Upacara pembukaan dihadiri oleh PLT Kepala Kanwil Kemenag Jateng Bpk Ahyani, Kabag Kepegawaian Bpk M. Badruzzaman, Dekan FPK Prof. Dr. Syamsul Maarif dan Direktur WHPDC Dr. Abdul Wahib.

Tim Asesor berjumlah 8 org, dan 10 tim asisten asesor, dengan ibu Lucky Ade Sessiani, M.Psi., Psikolog sbg Psikolog Penanggungjawab.

Sambutan dari PLT Kakanwil intinya berharap proses asesmen dpt dijalankan oleh peserta sesuai dengan prosedur.

Sambutan dari Dekan FPK Prof. Syamsul Ma’arif menekankan pentingnya penilaian kompetensi agar dapat meningkatkan kualitas dan kinerja SDM. Uji kompetensi semacam ini sangat urgen sebagai ikhtiar memetakan secara tepat dan proporsional calon pemimpin yang tepat berbasis “the right man on the right job”. Langkah Kanwil Kemenag Jateng menggandeng perguruan tinggi, dalam hal ini WHPDC sangat tepat demi menjaga objektifitas dan lebih mengedepankan profesionalitas.

Prof. Syamsul sangat mengapresiasi dan sangat berterimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan Kanwil Kemenag Jateng, kepada WHPDC. Semoga bisa senantiasa sinergi dan memperkuat kerjasama di berbagai kesempatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X