Prodi Psikologi FPK UIN Walisongo Bersama YPKPI Gelar Asesmen Kepala dan Wakil Kepala Sekolah

UIN Walisongo Online; Semarang- Jumat,27 Desember 2019– Biro Kepegawaian dan Bidang Pendidikan KB/TK/SD/SMP/SMK Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam Masjid Raya Baiturrahman Semarang Jawa Tengah bekerja sama dengan Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) UIN Walisongo menyelenggarakan asesmen promosi wakil dan kepala sekolah untuk seluruh unit sekolah di lingkungan Yayasan, Jumat, (26/12/2019) bertempat di aula Masjid Raya Baiturrahman Semarang Jawa Tengah dengan Ketua Team Asesor dan Kegiatan Asesmen Dr.Nikmah Rochmawati,M.Si. dan 5 orang Team Asesor, 3 Team Asisten Asesor, dan Koordinator Psikolog Nadya Ariyani Hasanah Nuriyyatiningrum, M.P.si.Psikolog.

Peserta uji kompetensi dan asesmen yang semula berjumlah 55 orang,pada hari kedua berkurang menjadi 28 orang dan hari terakhir berjumlah 25 orang. Materi seleksi pimpinan sekolah yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 24-27 Desember 2019 terdiri dari tes tertulis materi akademik dan keyayasanan,menyusun paper,visi misi,program kerja kemudian mempresentasikannya dan hari terakhir psikotest.

Upacara pembukaan asesmen dihadiri oleh jajaran pengurus Yayasan; Sekretaris Umum Yayasan H.Nawawi,SH., Sekretaris Drs.H.Sarjuli,SH.,MSi., Bendahara Umum Drs.H. Gatot Sudiarto, Bendahara H. Marno Hery Sutjipto, SH., Ketua bidang pendidikan Drs. H. Soekasdi, ketua seksi pendidikan smp-smk Drs. H. Misbandono, MM. Kepala Bagian (Kabag) Kepegawaian Drs.H.Sutopo, Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan Prof.Dr.H. Syamsul Ma’arif. Turut hadir sekaligus memantau kegiatan asesmen Ketua Umum Yayasan KH.Dr.Ahmad Darodji,M.Si.

Yi Nawawi, dalam sambutannya mengatakan, acara asesmen dengan menggandeng perguruan tinggi ini bertujuan untuk menjaga objektifitas dan lebih mengedepankan profesionalitas.

Di lain pihak,Yai Darodji dalam kegiatan pembinaan menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk menjamin transparansi dan akuntabilitas dalam promosi jabatan di lingkungan Yayasan untuk
memilih kader-kader hebat untuk membawa nahkoda pendidikan demi kepentingan agama,nusa,bangsa, umat dan masyarakat.

Dekan FPK, Syamsul Ma’arif dalam sambutannya menekankan urgensi dari competence appraisal agar dapat meningkatkan mutu dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) demi tercapainya The Right Man On The Right Job untuk pendidikan yang berkualitas. Lebih-lebih di era revolusi industri sekarang, seorang Kepala Sekolah harus inovatif dan responsif terhadap perkembangan yang terjadi, sehingga mampu memecahkan berbagai problematika yang terjadi dan melakukan terobosan cerdas berbasis kultural. Ia sangat berterimakasih atas kepercayaan Yayasan Masjid Raya Baiturrahman yang telah menggandeng Tim Psikologi Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo Semarang.
”Semoga bisa senantiasa bersinergi dan memperkuat kerjasama di berbagai kesempatan,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X