FPK UIN Walisongo Gelar Pisah Sambut Pegawai

Dekan FPK Prof Dr Syamsul Ma’arif MAg lakukan foto bersama dengan para pegawai.

UIN Walisongo Online; Semarang- Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) UIN Walisongo Semarang mengadakan rapat koordinasi dan pisah sambut tenaga kependidikan (tendik) dari mulai kabag, kasubag, BPP hingga staff Jum’at (10/01//). Acara pisah sambut ini dilakukan karena adanya rooling pegawai antar unit atau fakultas di lingkungan UIN Walisongo.

Kegiatan pisah sambut dan rakor yang dihadiri oleh seluruh dosen dan tendik di lingkungan Fakultas Psikologi dan Kesehatan dilaksanakan di ruang B.12. Acara berjalan khidmad, haru dan meriah dengan MC Dr.Nikmah Rochmawati,M.Si dan Dwi Hartanti,S.Gz.,M.Gz. Setelah acara pemberian kenang-kenangan dan pisah sambut selesai, dilanjutkan makan siang bersama untuk menambah kekompakan tim FPK.

Dekan FPK Prof.Dr.KH.Syamsul Ma’arif dalam pengarahannya menyampaikan bahwa rooling pegawai di lingkungan UIN Walisongo semacam ini sudah menjadi kebijakan pimpinan dan mentradisi. Maka, harus dimaknai secara positif dan totalitas pengabdian kita sebagai abdi negara. Sekaligus bisa membawa refresment dan memperkuat persaudaraan lintas fakultas dan lembaga, “sing asale ora kenal dadi” kenal (ta’aruf).

Pada kesempatan itu, Prof. Syamsul menyampaikan banyak terimakasih pada
kabag, kasubag, BPP hingga staff yang dirooling, atas semua kerja keras dan pengabdian di FPK. Sekaligus menyambut tenaga tendik yang baru. Semoga tendik yang baru bisa segera beradaptasi dan beraksi memperkuat FPK, supaya lebih hebat dan kuat.

Tak lupa Prof. Syamsul menyampaikan pentingnya menciptakan branding yang kuat, spesifik, dan marketable bagi FPK. Sehingga FPK bisa segera sejajar bahkan bisa unggul dengan yang lain. Lembaga yang keren dan terkenal, diamping harus diperkuat dengan infrastruktur yang memadai, lingkungan kondusif, juga harus mempunyai SDM yang bisa dihandalkan.

Human Resources hebat itu, meminjam terminologi Nahwu, harus bisa menjadi ISIM. Sebab, karakter ISIM itu, biasanya dimanapun ditempatkan pasti akan membawa inovasi yang baik dan cepat sukses. Sebagaimana penjelasan Ibnu Malik dalam nadhom alfiah yang masyhur itu, yaitu:

بالجر والتنوين والندا وال #ومسند للاسم تمييز حصل
(الفية ابن مالك)

Seorang pegawai atau dosen yang berkarakter ISIM, maka minimal ada 5 syarat yang harus dipenuhi:
1. Harus menjadi pribadi yang rendah hati atau tawadlu’ (بالجر)
2. Memiliki niat dan tekad yang kuat, etos kerja yang tinggi, semangat yg membara (والتنوين)
3. Memiliki visi misi, memiliki kemampuan mempersuasi dan mendisseminasi gagasan (والندا)
4. Memiliki pengetahuan mendalam, profesional, menguasai masalah, fokus pada bidang yang digeluti (وال)
5. Kerja Nyata dan berkontribusi positif bagi pengembangan fakultas (ومسند). Sekaligus selalu bekerja ikhlas tanpa pamrih hanya bersandar kepada Allah melalui segenap atribut-Nya, sifat2-Nya yg tercermin melalui asmaul husna.

Dekan FPK Prof Dr Syamsul Ma’arif MAg lakukan foto bersama dengan para pegawai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X