Jurnal Sosiologi Walisongo Kini Tembus Sinta 2

UIN Walisongo Online, Semarang- Jurnal Sosiologi Walisongo (JSW) di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Walisongo Semarang kini memasuki babak baru. Jurnal yang baru terbit 5 edisi tersebut sudah menembus peringkat Akreditasi Sinta 2.

Akreditasi Sinta 2 untuk JSW diperoleh melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 36/E/KPT/2019, tanggal 13 Desember 2019.

Melalui Sinta 2, pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, kinerja jurnal dan kinerja fakultas lebih terukur dan transparan. Oleh karena itu, pada tahun 2020 ini akan menjadi babak baru bagi JSW karena dikelola langsung dosen-dosen Sosiologi FISIP.

“Keberhasilan yang diperoleh JSW tak lain dari kerja keras dan tim yang solid. Perolehan peringkat SINTA 2, tim JSW tentu harus merekatkan lebih erat lagi dalam kinerjanya maka, perlunya konsolidasi tim JSW,” ujar Dekan FISIP Dr. Hj. Misbah Zulfa Elizabeth, M.Hum, dalam pertemuan dengan anggota tim redaksi dan rumah jurnal UIN Walisongo Helmi Suyanto.

Elizabeth menerangkan, konsolidasi tim jurnal diperlukan untuk mensolidkan kembali pasca JSW memperoleh peringkat Sinta 2. Dekan yang juga pemimpin redaksi JSW ini tidak lupa mengapresiasi kerja tim jurnal selama 2,5 tahun terlibat dalam proses manajamen dan penerbitan.

“Tim JSW tidak boleh kendor semangatnya untuk terus memperbaiki manajemen dan persiapan artikel berbahasa Inggris,” tuturnya.

“Ini kado spesial sekaligus tantangan ke depan untuk tim JSW dalam merawat hard work dan kerja profesional kerjurnalan”, tambahnya.

Prestasi yang diraih JSW membuktikan bahwa kualitas jurnal yang dikelola oleh prodi sosiologi telah diakui masyarakat ilmiah Indonesia. Diharapkan jurnal lain yang telah dirintis oleh program studi di FISIP mampu mengikuti jejak langkah untuk meningkatkan kualitas keilmuan FISIP dan secara umum Indonesia.

JSW menyusul jurnal lain di lingkungan UIN Walisongo yang telah menembus Sinta 2, antara lain  (1) Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan; (2) Jurnal Theologia; (3) Jurnal Al-Ahkam; (4) Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam; (5) Sawwa: Jurnal Studi Gender; (6) Economica: Jurnal Ekonomi Islam; (7) Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi. (TIM HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *