Warna Warni KKN UIN Walisongo, Bersih Jentik Nyamuk Hingga Belajar Hidroponik

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Sedang belajar tanaman hidropinik 

UIN Walisongo Online, Semarang – Tim KKN UIN Walisongo terus melakukan kegiatan nyata di tengah masyarakat. Di berbagai titik, tim KKN bahu membahu bersama masyarakat melakukan berbagai kegiatan positif.

Kegiatan antara lain pembersihan jentik nyamuk, membantu penanganan banjir, merawat tanaman hidroponik hingga jumat bersih. Berikut rinciannya.

  1. Pembersihan Jentik Nyamuk

Di Kabupaten Jepara, khususnya di Desa Pulau Darat, Kecamatan Pecangaan digelar kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Kegiatan tersebut digelar pada Jumat tanggal 17 Januari 2020.

Pembersihan jentik nyamuk dilakukan karena musim penghujan telah tiba. Tim tidak ingin selokan air menjadi tempat nyamuk bersarang, sehingga potensi serangan nyamuk demam berdarah menghantui masyarakat.

“Kerja bakti membersihkan selokan air ini harapanya agar sampah yang menumpuk di selokan bisa bersih. Ini agar saluran air bisa, tidak menggenangi jalanan desa dan tidak menjadi tempat berkembangnya nyamuk,” ucap Badrus Salam, Koordinator Posko 67 Kabupaten Jepara.

  1. Merawat Tanaman Hidroponik

Di Kota Semarang, tim KKN dari pokso 7 Kelurahan Sampangan belajar merawat tanaman hidroponik. Kegiatan itu dilakukan pada Minggu, 19 Januari 2020, Bersama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) PKK RW 3.

Dalam kegaitan ini, tim KKN belajar membersihkan daun yang berjatuhan, penyiraman. Tim KKN juga diajarkan bagaimana cara perawatan, masa panen dan hama yang bisa menyerang. Kegiatan tersebut dipandu oleh Ketua KWT Sampangan, Aryani.

  1. Jumat Bersih di Karimunjawa

Di Pulau Karimunjawa, tim KKN menggelar Jumat bersih. Sasaran Jumat bersih yaitu Kantor Kecamatan, Kantor Kelurahan, Alun-alun Karimunjawa, Kantor Koramil, PAUD, dan SD Negeri 1 Karimunjawa.

Kegiatan Jumat bersih digelar oleh Posko 74 Kabupaten Jepara pada Jumat (17/07/2020).  Kegiatan Jumat besih juga didukung oleh tim PKK Karimunjawa.

“Diharapkan dari kegiatan ini dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat Desa Karimunjawa yang lain, bahwasannya menjaga kebersihan lingkungan itu sangat penting,” ujar Ketua PKK Karimunjawa, Anita. (TIM HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X