Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ajak Masyarakat Ubah Sampah Plastik Jadi Rupiah

UIN Walisongo Online; Semarang- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Walisongo posko 11 yang berlokasi di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang mengadakan pelatihan pengolahan limbah sampah plastik menjadi kerajinan tangan dengan harga jual tinggi. Pelatihan dilaksanakan di aula Kelurahan Karangrejo, Jumat (17/01).

Pelatihan tersebut berawal dari inisiatif mahasiswa KKN yang melihat banyak sampah plastik bekas bungkus kopi dan minuman instan yang dibuang begitu saja. Dari kondisi tersebut, mereka melihat adanya peluang untuk mengolah sampah plastik menjadi barang yang berguna.

Uswatun Chasanah sebagai penanggung jawab pelatihan menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengatasi permasalahan sampah di lingkungan perkotaan dan menyadarkan masyarakat bahwa sampah bisa bernilai rupiah.

Masyarakat karangrejo, khususnya kelompok penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sangat antusias dengan adanya pelatihan pengolahan limbah plastik. Sebelum pelatihan, mereka diimbau untuk mengumpulkan sampah plastik yang sudah dicuci.

Harga jual pasaran produk daur ulang yang dihasilkan mulai dari harga Rp. 25.000,- sampai ratusan ribu rupiah. Selain memberikan pelatihan pembuatan kreasi barang bekas, tim KKN UIN Walisongo juga akan memberikan fasilitas belajar marketing online di marketplace seperti bukalapak, shopee, lazada, dan lainnya.

“Kami berharap dengan adanya program ini, masyarakat di sini bisa melihat dan mengambil peluang dengan memanfaatkan bungkus plastik bekas kopi menjadi tas maupun kerajinan tangan lainnya. Sehingga nantinya akan mampu untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat,”jelas Uswatun Chasanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X