KKN UIN Walisongo Manfaatkan Halaman Masjid Yang Kosong Jadi Perpustakaan Kelilling

UIN Walisongo Online; Semarang – Mahasiswa UIN Walisongo yang sedang menjalankan tugas Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Semarang punya cara jitu untuk membantu program literasi bagi masyarakat di tempatnya bertugas.

 

Mahasiswa UIN Posko 34 mengubah halaman masjid di Kelurahan Penggaron Lor, Kota Semarang yang kosong menjadi ramai lewat perpustakaan keliling. Halaman itupun disulap dengan berbagai buku bacaan, meja, dan kertas bergambar. Anak-anak di kelurahan itu pun kegirangan dengan konsep tersebut.

 

Proses mengubah halaman masjid menjadi tempat lliterasi baca ini ditujukan sebagai upaya menanamkan budaya baca sejak dini. Kegiatan ini mulai digelar di halaman Masjid Miftahul Falah sejak Rabu (30/1/2020). Kegiatan itu diikuti oleh warta di tiga rukun warga selama dua hari berturut-turut.

 

Sebelum membuka lapak, mahasiswa KKN UIN Walisongo meminta izin kepada ketua RT dan pengelola masjid. Setelah mengantongi izin, kegiatan pun digelar.

 

Antusias masyarakat terbilang luarbiasa.

“Lapak baca ini merupakan salah satu program yang sangat berkesan untuk masyarakat dari berbagai kalangan, semoga bisa menambah keakraban dan silaturahmi antara adik-adik KKN dan masyarakat disini”, tutur Arifin, salah seorang tokoh masyarakat di RW 03 Kelurahan Penggaron Lor.

 

Gerakan Indonesia Membaca diakhiri dengan pengumpulan buku-buku, dan ramah tamah terhadap masyarakat, dengan harapan budaya membaca tetap terlaksana secara berkelanjutan. (TIM HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *