Perkuat Mutu Penelitian Dan Pengabdian, LP2M Gelar Workshop

UIN Walisongo Online, Semarang – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo Semarang adakan workshop penyusunan dokumen penjaminan mutu penelitian dan pengabdian di Bandungan, Kamis-Jumat (30-31/01/2020.

Workshop diikuti 30 perwakilan masing-masing fakultas dan pejabat di lingkungan UIN Walisongo Semarang. Kegiatan workshop dibuka oleh Wakil Rektor 1, Dr. Muhsin Jamil, M.Ag

Pada sambutannya wakil Rektor 1 menyampaikan, bahwa workshop semacam ini sangat diperlukan untuk terus meningkatkan kegiatan penelitian dan pengabdian di UIN Walisongo Semarang.

“Sejalan dengan visi UIN Walisongo sebagai Universitas riset terdepan, juga menjadi bagian dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, kegiatan seperti ini penting untuk diadakan oleh LP2M” Ungkap Wakil Rektor 1
Hal senada juga disampaikan Ketua LP2M, Akhmad Arif Junaidi bahwa workshop ini diharapkan mampu tersusun standar penjaminan mutu dan tata kelola, serta tersedianya model dan strategi pelayanan yang profesional.

Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M, Hamdan Hadi Kusuma menyatakan bahwa latar belakang workshop ini digelar sebagai strategi untuk untuk mengoptimalkan potensi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh civitas akademika UIN Walisongo Semarang.

“Untuk mengoptimalkan potensi penelitian dan pengabdian masyarakat di UIN Walisongo, diperlukan langkah-langkah yang strategis dalam penjaminan mutu pada program penelitian dan pengabdian masyarakat” Ungkap Hamdan
Sebagai Universitas riset, Penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh civitas akademika UIN Walisongo kedepan diharapkan akan mampu berkorelasi satu sama lain

“Pengabdian berbasis riset oleh dosen serta pengabdian mahasiswa melalui program KKN merupakan langkah strategis yang dapat dilakukan agar mutu yang ada dapat terus meningkat,” tambah Hamdan

Lebih lanjut disampaikan oleh Sekretaris LP2M, Mokh Sya’roni “tujuan yang diharapkan Kegiatan workshop ini adalah kebijakan umum serta standar penjaminan mutu terkait optimalisasi kegiatan penelitian serta inovasi karya pengabdian dosen berbasis riset”

Sesi Materi 1 dan 2 tentang Penjaminan Mutu Universitas di bidang Penelitian dan bidang pengabdian masyarakat disampaikan oleh Dr. Widya Hary Cahyati dari UNNES. Workshop dilanjutkan dengan sesi ke 3 dengan materi Penjaminan Mutu Penelitian di UIN Walisongo Semarang oleh Dr. Hamdan Hadi Kusuma.

Worshop hari kedua dilanjutkan dengan materi ke 4 yaitu Penjaminan Mutu Pengabdian dan kegiatan 5 Review dokumen penjaminan mutu penelitian dan pengabdian oleh sekretaris LP2M Mokh Sya’roni.

Workshop diikuti dengan antusias dan banyak harapan untuk kemajuan UIN Walisongo Semarang. Dengan adanya workshop diharapkan dapat dihasilkan model kebijakan Penelitian dan Pengabdian yang efektif dan efisien untuk menunjang akreditasi institusi UIN Walisongo.

Hadir pada sebagai peserta workshop; Wakil Dekan 1, Lembaga Penjamin Mutu (LPM), Direktur Pasca Sarjana, Satuan Pengawas Internal (SPI), Bagian perencanaan dan keuangan, bagian organisasi dan kepegawaian, bagian umum, dan PTIPD. (TIM HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X