KKN UIN Walisongo Sukseskan Program Sentra Jambu Kristal di Demak

UIN Walisongo Online; Demak – Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang turut serta menyukseskan program sentra Jambu Kristal di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Upaya menyukeskan itu salah satunya dengan seremoni penanaman 150 bibit jambu Kristal.

 

Program Sentra Jambu Kristal akan coba diterapkan di Desa Jragung, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak. Bibit jambu kristal dipilih karena di desa itu belum ada yang memakai buah tersebut untuk dijadikan sebagai ikon desa.

 

“Jambu kristal akan kita jadikan sebagai ikon desa sekaligus objek wisata,” ujar Kepala Dukuh Delik Desa Jragung, Mad Kadisan, Selasa (4/2/2020).

 

Selain mahasiswa KKN, proses penanaman bibit juga diikuti oleh pimpinan desa mulai jajaran BPD, LKMD, perangkat desa, tim penanggulangan bencana, kelompok peduli lingkungan, RT, RW, kader kesehatan.

 

Mereka berbagi tugas mulai dari membagi bibit, mencangkul, dan penanaman bibit di depan rumah warga RW 13.

 

Dijelaskan Kadus, jumlah bibit yang ditanam saat ini masih kurang untuk membuat Jambu Sentral menjadi ikon desa. Namun upaya ini akan diteruskan di masa-masa yang akan datang.

 

Penanaman bibit jambu kristal ini bertujuan untuk mengangkat desa jragung sebagai desa wisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Kepala dukuh Delik berharap jambu kristal dapat menjadi ciri khas dukuh Delik, dapat menambah jumlah sumber daya dan dapat berkembang menjadi desa wisata hingga menjadi pendapatan asli desa. (TIM HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X