Sambut Dies Natalis ke-50, FPK UIN Walisongo Buka Layanan Konseling Gratis

UIN Walisongo Online, Semarang – Walisongo Health Professional Development Center (WHPDC) merupakan lembaga layanan yang dibentuk oleh Fakultas Psikologi dan Kesehatan, UIN Walisongo Semarang.

Lembaga ini menyediakan berbagai jenis layanan psikologi dan gizi, meliputi layanan konseling psikologi, layanan riset, training, dan pengembangan SDM, academic research & halal center, konseling gizi & dietetik, serta training dan penyuluhan gizi.

Lembaga ini dinaungi oleh Prof. Dr. KH. Syamsul Ma’arif, M. Ag selaku penanggung jawab umum tahun 2019-2024.

Dalam rangka Dies Natalis UIN Walisongo ke-50, lembaga ini mengadakan program pengabdian masyarakat meliputi layanan konseling psikologi dan gizi.

Layanan konseling dan psikologi oleh WHPDC ini diselenggarakan secara gratis selama dua minggu.

Konseling psikologi telah dimulai dari tanggal 11-14 Februari 2020, sedangkan Konseling Gizi akan dilaksanakan mulai tanggal 17-21 Februari 2020.

“Layanan ini terbuka untuk umum, mulai dari mahasiswa dan pegawai UIN Walisongo maupun masyarakat di luar UIN Walisongo,” ujar Syamsul, Jumat (14/2/2020).

Hadir di lokasi, klien dapat mengkonsultasikan permasalahan terkait akademik, masalah pribadi, masalah keluarga, masalah sosial, status gizi, maupun terkait asupan makan (diet).

Masyarakat dapat memanfaatkan layanan WHPDC ini di Kampus III, Gedung B lantai 3 ruang B. 12, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, UIN Walisongo Semarang.

Layanan ini telah mendapat apresiasi yang luar biasa dari masyarakat.

“Saat ini layanan konseling psikologi telah full klien sampai dengan hari terakhir pelayanan konseling psikologi, yaitu tanggal 14 Februari 2020,” tambah dekan.

Begitu juga dengan layanan konseling gizi. Hal tersebut tentu saja mendapat respon balik dari Hj. Wening Wihartati, S.Psi., M.Si selaku Ketua Divisi Layanan Konseling Psikologi. Ia berharap kegiatan serupa bisa digelar tahun mendatang.

“Harapannya ke depan, kegiatan seperti ini bisa dilakukan setiap tahunnya untuk memeriahkan Dies Natalis UIN Walisongo yang ke-50 agar WHPDC semakin dikenal dan berguna bagi masyarakat. Selain itu, juga bisa dijadikan sarana dosen untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruaan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat,” tuturnya.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Dwi Hartanti, S.Gz, M.Gizi selaku Ketua Divisi Layanan Konseling Gizi dan Dietetik juga menambahkan bahwa kegiatan layanan gratis ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum.

“Kegiatan layanan seperti ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, serta masyarakat umum karena memberikan kesempatan untuk mendapatkan konseling psikologi dan konseling gizi secara gratis, dimana layanan seperti sangat jarang ada. Diharapkan kegiatan ini dapat mempromosikan kesehatan dari segi jasmani dan rohani bagi pesertanya,” pungkasnya. (TIM HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X