KKN UIN Walisongo Gelar Donor Darah di Bangetayu, Semarang

UIN Walisongo Online, Semarang – Mahasiswa KKN UIN Walisongo, Semarang menggelar kegiatan donor darah di Kelurahan Bangetayu Kulon, Kota Semarang, kemarin.

Acara donor darah digelar sebagai wujud peduli sosial. Dibingkai dalam tema “Setetes darah anda nyawa bagi bersama,” kegiatan berlangusng di gedung PKK Kelurahan Bangetayu Kulon, Kamis (13/2/2020).

Untuk memperlancar kegiatan, UTD Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang digandeng. PMI mengirimkan satu orang dokter umum plus lima tim medis dilengkapi dengan unit pelbet.

Sebelum masyarakat diajak mendonor darah, mereka diminta mendaftar dan melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan meliputi penimbangan berat badan, pengecekan tensi darah, golongan darah, dan kadar Hemoglobin darah (Hb).

Hanya dalam waktu 2 jam, sudah ada 30 orang yang terdaftar, namun sayangnya tidak semua pendaftar donor darah lulus uji kesehatan dan layak mendonorkan darahnya.

“Dari jumlah itu, ada warga yang tidak dibolehkan menyumbang darahnya, dan sebagian lagi boleh,” ujar Rahman, salah satu perwakilan posko 31 KKN UIN Walisongo di Kota Semarang. (TIM HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X