Gelar Rapat Kerja, UPT Perpusatkaan UIN Walisongo Bahas Peningkatan Pelayanan Berkualitas

UIN Walisongo Online, Semarang- UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang menggelar rapat kerja tahunan dengan tema “Diversifikasi Layanan Perpustakaan: Upaya Layanan Informasi Baru yang Lebih Berkualitas”.

Rapat kerja yang digelar selama dua hari, Jumat-Sabtu (14-15/02/2020) di hotel atria magelang ini menghasilkan tiga hal penting sebagai kerangka dasar program kerja yang akan dilaksanakan di Gedung Perupsatakaan Tahun 2020 ini.

Wakil Rektor I UIN Walisongo Semarang, Dr. H. Mukhsin Jamil, M.Ag mengapresiasi terselenggaranya rapat kerja perpustakaan ini, dalam sambutannya Wakil Rektor I menyampaikan bahwa UIN Walisongo telah mengalami lompatan cukup besar dengan diperolehnya beberapa pengakuan nasional dan peringkat empat sebagai PTKIN terbaik di Indonesia.

“Seluruh warga UIN Walisongo harus optimis bahwa beberapa tahun lagi kampus UIN Walisongo akan menjadi yang terbaik jika melakukan perbaikan di setiap lini kegiatannya, termasuk didalamnya melaksanakan tiga unsur yang berkonvergensi, yakni fungsi pendidikan (transfer of knowledge), penelitian, dan bisnis (entrepreneurship)” Tutur Mukhsin Jamil

Lebih lanjut Wakil Rektor I berpesan bahwa UPT Perupstakaan UIN Walisongo Semarang perlu menetapkan tiga hal tersebut diatas secara serius

“Untuk mencapai tigal hal tersebut diatas, Benchmarking ke perpustakaan di luar PTKI itu perlu dilakukan, menggali pandangan, pendapat, dan masukan dari dosen lulusan luar negeri juga menjadi sangat perlu, agar penyelenggaraan perpustakaan kita dapat melompat lebih tinggi dari perpustakaan PTKI lainnya” Tambahnya

Pada Rapat kerja ini dibahas beberapa hal, diantaranya Pertama, teknis moving koleksi dan penerapan sistem RFID.

Kedua, tersedianya aturan, persyaratan, dan pemanfaatan fasilitas perpustakaan, seperti penggunaan ruang (kubikal, diskusi, konsultasi, teatrikal dan space learning).

Ketiga, SOP dan flow chart layanan baru perpustakaan seperti peminjaman dan perpanjangan mandiri, pengembalian 24 jam melalui bookdrop, WA Gateway, bebas pustaka online, upload tugas mandiri dan lain-lainnya.

Kepala perpustakaan Umar Falahul Alam, S.Ag, S.S., M.Hum. menyampaikan bahwa rapat kerja perpustakaan ini menjadi momentum yang sangat tepat guna mempersiapkan mental serta spirit kru perpustakaan dalam melayani pemustaka yang “user oriented”

“akreditasi perpustakaan UIN Walisongo dari LAP-N RI dengan hasil A menjadi pemicu penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan harus dijalankan sesuai dengan standar nasional, termasuk kegiatan layanan pemustaka” Ujarnya

Rapat kerja perpustakaan tahun 2020 ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari pegawai PNS, BLU, Pegawai Kontrak, Dosen CPNS dan 8 peserta dari asisten perpustakaan.

Rapat kerja diakhiri dengan diskusi pleno. Hasil pembahasan ini akan dijadikan sebagai naskah laporan dan petunjuk teknis penyelenggaran perpustakaan tahun 2020 ini. (TIM HUMAS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X