Mahasiswa UIN Walisongo Kenalkan Pengolahan Biogas ke Masyarakat Kebumen

UIN Walisongo Online, Kebumen- Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Kebumen (IMAKE) UIN Walisongo Semarang mengenalkan program pengolahan biogas ke masayarakat Desa Selotumpeng Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen baru-baru ini. Kegiatan yang dikenalkan yaitu Pembangunan Sample Instalasi Biogas dari kotoran sapi.

Kegiatan ini merupakan program unggulan pengabdian mahasiswa. Adapun tema yang diangkat dalam program ini adalah “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Ekonomi Kreatif Berbasis Potensi Lokal dan Sumber Daya Alam di Desa Selotumpeng” yang berlangsung selama 49 hari.

Program ini menjadi sangat bermanfaat bagi masyarakat karena keperluan energi rumah tangga, khususnya di pedesaan dapat terpenuhi. Program ini dirasa cocok bagi desa tersebut dikarenakan ketersediaan bahan baku berupa kotoran sapi telah tersedia dalam jumlah yang banyak. Tak hanya itu, kegiatan ini merupakan realisasi program Bio Energi Perdesaan (BEP) dalam rangka penyediaan energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selain keperluan energi dapat terpenuhi, terdapat harapan lain dari program pengabdian yang dilakukan mahasiswa IMAKE, yakni mendapat respon positif dari kampus dan dapat dapat diintegrasikan sebagai Kuliah Kerja Nyata Mandiri Pengakuan (KKN MP).

“Semoga program ini dapat diintegrasikan sebagai Kuliah Kerja Nyata Mandiri Pengakuan (KKN MP) oleh pihak UIN Walisongo Semarang dan menjadi percontohan mahasiswa lain untuk mengabdi dan memajukan daerah masing-masing”, tutur salah satu peserta pengabdian mahasiswa. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X