Gelar Pelatihan Kepemimpinan, FST UIN Walisongo Dorong Organisasi Kemahasiswaan Kritis, Progresif dan Inovatif

UIN Walisongo Online, Semarang – Reputasi Perguruan Tinggi bukan hanya terkait persoalan akreditasi, Jumlah publikasi, maupun kelengkapan Insfrastruktur saja. Lebih dari itu, tak kalah penting adalah bagaimana Perguruan Tinggi menyiapakan mahasiswanya dengan seperangkat kompetensi, sebagai bekal hidup di era saat ini dan masa depan.

Hal demikian disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Akhmad Arief Budiman, M.Ag saat memberikan sambutan pada acara Pelatihan Kepemimpinan dan Rapat Kerja Lembaga eksekutif Mahasiswa & UKM, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang. Kamis, (27/02/2020).

Wakil Rektor III menyoroti peran penting mahasiswa dalam membangun reputasi kampus, ia menyampaikan bahwa Mahasiswa adalah Subjek dalam eksistensi sebuah perguruan Tinggi.

“Acara Hari ini penting bagi Para Mahasiswa, Persoalan Leadership adalah bekal kompetensi non akademik yang penting dimiliki oleh seluruh mahasiswa, saya berharap mahasiswa memposisikan dirinya sebagai Subjek utama dalam eksistensi Perguruan Tinggi” Ungkapnya.

Selain itu, Dr. Akhmad Arief Budiman juga singgung mengenai fakta bahwasanya banyak tokoh-tokoh sukses yang menghiasi dunia saat ini, mereka adalah orang yang memiliki pengalaman yang baik dalam kegiatan-kegiatan non akademik.

“Beberapa penelitian mengungkap fakta bahwa kegiatan non-akademik sangat berperan dalam kesuksesan para Tokoh-tokoh dunia saat ini” Ujarnya

“hidden curriculum yang ada di perguruan tinggi tentang Kepemimpinan, Disiplin, kerjasama dan Kemampuan menuangkan ide gagasan adalah yang membimbing mereka menjadi orang-orang berpengaruh saat ini” Tambah Wakil Rektor III.

Hal serupa juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Ismail, M.Ag, Menurutnya keterampilan mahasiswa di luar kegiatan akademik akan memberi bekal bagi mahasiswa untuk dapat menjadi pemimpin masa depan,

“Semoga Pelatihan hari ini dapat memberi bekal yang bermanfaat dan berkah bagi masa depan para mahasiswa, materi kepemimpinan yang disajikan oleh para pemateri semoga menginspirasi para mahasiswa menjadi Pemimpin di Masa depan, Syubbanul yaum, rijalul ghad” Ujar Dekan FST.

Berlangsung di Aula Kampus 1 UIN Walisongo Semarang, Kegiatan yang diinisiasi oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FST UIN Walisongo ini mengangkat Tema Sinergisitas lemabaga Kemahasiswaan di FST yang Kritis, Progressif dan Inovatif
Pelatihan Menghadirkan para narasumber dengan rekam jejak pengalaman kepemimpian yang telah teruji. Diantaranya ialah Harjanto Kusuma Halim, M.Sc. (CEO PT. Marimas Putera Kencana), Hasan Aoni Aziz (Pendiri Omah Dongeng Marwah, Kudus), dan Muh. Kharis, M.H. (Kabag. TU FST UIN Walisongo Semarang). (TIM HUMAS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X