58 Ribu Siswa Daftar Ke UIN Walisongo Lewat SPAN PTKIN

UIN Walisongo Online, Semarang – Sebanyak 58.568 siswa memilih UIN Walisongo Semarang sebagai pilihan studi lanjutnya. Sebanyak pelamar itu mendaftar ke UIN Walisongo lewat jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (SPAN PTKIN).

Kepala Sub Bagian Humas UIN Walisongo Semarang, Hj. Astri Amanati Budiningtyas, S.Sos, MM, mengatakan, 58 ribu siswa tersebut mendaftar di 29 program studi. Ia merinci, pelamar yang terdaftar untuk formasi pilihan 1 sebanyak 26.194. Sementara pilihan kedua mencapai 32.374.

“Total pendaftar mencapai 58.568 siswa. Kuota untuk jalur SPAN PTKAIN di UIN Walisongo kami sediakan sebanyak 723 slot,” kata Astri, di Semarang, Senin (2/3/2020).

Perempuan yang kerap disapa Achie menambahkan, pelamar di UIN Walisongo masuk empat besar tingkat UIN/IAIN se Indonesia. Total jumlah pelamar di UIN Walisongo hanya di bawah UIN Jakarta, UIN Yogyakarta dan UIN Bandung.

Dilihat dari sebaran pendaftar, pelamar terbanyak masih berada di wilayah Jawa Tengah, diikuti Jawa Timur, Jawa Barat dan Yogyakarta. Namun demikian, sejumlah daerah di Indonesia juga tercatat mendaftar di UIN Walisongo, laiknya Sumatera, kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku hingga Papua.

Sementara dilihat dari program studi yang diminati, mayoritas siswa ingin masuk Perbankan Syariah, Pendidikan Agama Islam, Akuntansi Syariah, Ekonomi Islam, Pendidikan Biologi, dan jurusan lain. Hanya beberapa jurusan di UIN Walisongo yang ditawarkan sepi peminat.

“Prodi favorit masih di perbankan syariah,” tambahnya.
Untuk diketahui bahwa untuk dapat masuk ke UIN Walisongo via SPAN PTKIN harus dimulai dari pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pengisian PDSS mulai 6 Januari 2020 sampai 10 Februari 2020, .Selanjutnya, akan dilakukan verifikasi PDSS juga pada tanggal yang sama.

Pendaftaran via SPAN dimulai tanggal 3 Februari sampai 28 Februari 2020. Lalu Seleksi dibagi menjadi dua tahap. Seleksi tahap pertama mulai tanggal 2 Maret sampai 13 Maret 2020. Sementara sesi II mulai 16 Maret sampai 20 Maret 2020.

Pengumuman hasil seleksi tanggal 10 April 2020. Setelah diterima, mereka harus melakukan daftar ulang. Khusus di UIN Walisongo, daftar ulang akan diinformasikan kemudian. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X