Klinik Pratama UIN Walisongo Buka Layanan Prolanis dan Sosialisasi Cegah Virus Corona

UIN Walisongo Online, Semarang – Klinik Pratama UIN Walisongo Semarang kembali menyelenggarakan Program Pelayanan Penyakit Kronis (Prolanis) untuk masyarakat umum. Kegiatan tersebut diselenggarakan di ruang kantor tersebut pada Selasa (10/3/2020).

Kegiatan ini sukses digelar dengan bukti kehadiran puluhan pengunjung. Masyarakat yang hadir terlihat mengantre untuk memeriksakan kesehatannya.

Layanan Prolanis merupakan program rutin yang digelar tiap bulan, yaitu hari Selasa minggu kedua. Dalam kegiatan itu juga disertakan sosialisasi tentang trik mengantisipasi virus Corona.

Kepala Klinik Pratama UIN Walisongo dr. Sri Hartiningsih menjelaskan, bahwa program ini sudah terlaksana sejak lama. Bagi masyarakat yang ikut Prolanis secara rutin akan mendapat benefit berupa pemeriksaan lengkap seperti pemeriksaan ginjal, kolesterol, dan lain-lain.

“Kegiatan ini adalah parameter keberhasilan dan kepatuhan mematahui perintah dokter, untuk mengurangi komplikasi, atau memperlambat komplikasi dari penyakitnya,” kata dia.

Dijelaskan dokter Sri, dalam layanan Prolanis, pengunjung atau pasien akan diambil darahnya kemudian dilakukan cek laboratorium. Mereka juga dicek tensi darahnya. Setelah mendapat hasil, rekam jejak lalu dikonsultasikan dengan dokter.

Dalam kesempatan ini, para pengunjung juga diberikan edukasi pencegahan dari virus Corona oleh dr Melisa Anggar Fitiani. Dalam paparannya, dokter mengajak agar masyarakat rajin untuk mencuci tangan agar steril dari virus atau kuman.

Dokter Melisa juga mencontohkan praktek cuci tangan dengan cairan pembersih, yang kemudian diikuti oleh para pengunjung.
“Bapak ibu sering-sering cuci tangan, makan makanan yang bergizi. Jangan pernah wajah kecuali dengan tangan yang bersih,” imbuh dr Melisa. (TIM HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X