UIN Walisongo Siapkan Digitalisasi Kegiatan Akademik dan Non Akademik

UIN Walisongo Online, Semarang – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang adakan rapat khusus pimpinan untuk mempersiapkan digitalisasi kegiatan akademik dan non akademik berkenaan dengan darurat wabah covid-19, Rabu (18/3/2020). Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag dan dihadiri oleh Wakil Rektor I, II, dan III, Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) dan Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja sama (AAKK).

Rapat pimpinan ini diadakan sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia serta SE Rektor UIN Walisongo mengenai pengelolaan manajemen sumber daya manusia dan kampus. Dalam forum, Rektor menjelaskan bahwa kampus UIN Walisongo akan sigap dalam menghadapi wabah penyebaran Covid-19.

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan bahwa semua kegiatan kampus akan diarahkan secara online, baik kegiatan akademik maupun non akademik. Ia juga menekankan bahwa kegiatan kampus akan tetap berjalan sebagaimana mestinya, hanya saja media sosialisasi yang digunakan tidak harus temu langsung, akan tetapi memanfaatkan media digital.
“Kegiatan kampus harus tetap berjalan sebagaimana mestinya, yakni dengan melakukannya secara online atau daring untuk kegiatan akademik maupun non akademik”, tuturnya.

Lebih lanjut, evaluasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring atau online yang sudah berjalan selama tiga hari, evaluasi pengelolaan kontrol finger print pegawai yang dilakukan secara manual juga dibahas dalam rapat ini.

Sebelumya telah diatur pula dalam surat pengaturan kehadiran dan bekerja dari rumah bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Yakni diberlakukannya sistem piket untuk penugasan masuk kantor dan penugasan bekerja dari rumah.
“Proses kegiatan pembelajaran mahasiswa yang sudah berjalan secara online apakah terdapat kendala atau tidak harus ada pemantauan secara berkala, sehingga kegiatan akademik tetap bisa berjalan secara maksimal,” terang Imam Taufiq.

Upaya kontroling kegiatan kampus juga merupakan salah satu tujuan dari rapat terbatas oleh pimpinan yang diselenggarakan hari ini. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X