Prodi Akuntansi Syari’ah Adakan Pembekalan Magang Secara Daring

UIN Walisongo Semarang, Online – Prodi Akuntansi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) melangsungkan pembekalan magang secara daring melalui Vcon Walisongo pada Rabu (10/6/2020).

Acara pembekalan dibuka oleh Dekan FEBI UIN Walisongo Dr. Muhammad Saifullah M.Ag. Dalam paparannya beliau menyampaikan, “Bahwa dalam kehidupan yang akan menang adalah jika mampu bertahan dan beradaptasi, begitu juga dalam kegiatan magang pada masa pandemi Covid-19 kita jangan menyerah dan harus kretaif ungkapnya”.

KKL akan dilaksanakan pada bulan Juni hingga Juli 2020 yang diikuti oleh Mahasiswa Prodi Akuntansi Syari’ah Angkatan 2017 yang terdiri atas 115 peserta. Untuk magang pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu dilaksanakan secara daring karena adanya pandemi virus covid 19 untuk keselamatan seluruh mahasiswa dan agar proses akademik serta kelulusan mahasiswa tidak tertunda maka diambil kebijakan tersebut.
Dr. Ratno Agriyanto, CA, CPA selaku Kaprodi Akuntansi Syari’ah menyampaikan pengarahan kepada mahasiswa bahwa pada masa situasi pandemi ini kita jangan panik.

“Situasi Pandemik ini adalah fase krisis dari peradaban manusia namun akan kembali normal dan menemukan keseimbangan baru ungkapnya sambil menjelaskan the khun cycle (1962)”, ungkap beliau.
Beliau menambahkan bahwa PPL/magang kali ini terdapat tiga pilihan yang dapat diambli oleh mahasiswa, setiap mahasiswa mendapatkan pembimbing.

“Teknis magang Prodi Akuntansi Syari’ah pada tahun ini tiga pilihan, pertama mahasiswa secara mandiri/individu menelaah data-data sekunder pada satu perusahaan atau lembaga selama kurun waktu tertentu dan dilaporkan dalam bentuk laporan PPL/magang, kedua Mahasiswa yang terbentuk dalam tim/kelompok dapat melakukan unjuk kerja akademik berupa menyusun karya ilmiah seperti buku, modul, panduan kerja yang memungkinkan diselesaikan dalam kurun waktu maksimal 2 (dua) bulan, laporan merupakan hasil karya berupa buku, modul dan panduan kerja. ketiga mahasiswa yang terbentuk dalam tim/kelompok dapat melakukan business action UMKM dengan laporan berupa business action”, tambah beliau.

Dengan mempertimbangan kompetensi, adaptasi dengan revolusi industri 4.0, kemanfaatan dan keterbatasan waktu magang, Prodi Akuntansi Syariah mengambil kebijakan bentuk magang yaitu membuat modul video pembelajaran akuntansi syariah yang hasilnya nanti akan diupload pada youtube. (TIM HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X