Masjid Kampus 3 Bakal Direnovasi

 

UIN Walisongo Online, Semarang – Masjid Kampus III UIN Walisongo Semarang bakal direnovasi dalam waktu dekat ini. Rancang bangun desain perluasan masjid sudah jadi, dan tinggal dieksekusi di lapangan.

Jika sesuai rencana, perluasan masjid akan tuntas saat tahun ajaran 2020/2021 dimulai. Selain daya tampung yang lebih banyak bagi jemaah, juga ada penambahan toilet dan tempat berwudhu secara signifikan.

Program renovasi masjid dilaksanakan oleh Badan Amalan Islam (BAI) UIN Walisongo. Pada Rabu (17/3/2020), BAI menggelar rapat untuk memastikan bahwa proyek perluasan masjid. Hasilnya pembangunan akan segera dimulai.

“Insyallah akan dimulai bulan ini, selesai diperkirakan Agustus,” ucap ketua BAI, Dr. Muhyar Fanani, M.Ag.

Dijelaskan Muhyar, renovasi masjid merupakan kebutuhan yang sangat mendesak. Renovasi dilakukan untuk menjawab berbagai keluhan para jemaah, terutama keluhan sarana prasarana dan daya tampung masjid.

Untuk menjembatani keluhan itu, masjid kampus 3 akan diperluas. Halaman depan masjid akan dibangun lagi untuk tempat peribadatan. Bagian depan masjid juga akan diberikan akses untuk penyandang disabilitas.

Sementara bagian kanan dan kiri masjid akan dibangun toilet-toilet baru dan penambahan tempat wudhu, baik bagi jemaah laki-laki maupun perempuan.

“Keluhan masjid kampus 3 ini sudah lama. Jadi ini akan diperluas, toilet dibuat lebih banyak, lebih luas menampung banyak jemaah,” tambah wakil direktur Pascasarjana UIN Walisongo ini.

Di tempat yang sama, Rektor UIN Walisongo Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag merestui rencana perluasan masjid di kampus 3. Selain dapat menampung jemaah lebih banyak, renovasi masjid secara tidak langsung membantu kampus menyediakan sarpras di luar pembelajaran.

“Kami hanya minta di masjid dijaga, diatur jangan sampai ada pencurian. Ada kasus, jemaah ketika salat barang-barangnya hilang. Saya gak ingin ini terulang,” pintanya. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X