UIN Walisongo Semarang Bersiap Selenggarakan Lokakarya UI GreenMetric Perguruan Tinggi Islam Se-Indonesia

UIN Walisongo Semarang online, Semarang- UIN Walisongo Semarang bersiap menjadi tuan rumah lokakarya UI GreenMetric perguruan tinggi Islam se-Indonesia tahun 2020. Kegiatan yang akan dilangsungkan secara online ini merupakan Kerjasama antara Universitas Indonesia dan UIN Walisongo Semarang. (23/06)

UI GreenMetric merupakan Lembaga pemeringkatan kampus hijau sedunia yang digagas oleh Universitas Indonesia. Lembaga yang telah sepuluh tahun melakukan assessment kampus hijau tersebut, telah memiliki anggota sebesar 779 universitas yang tersebar di seluruh Dunia.

Lokakarya UI GreenMetric Perguruan tinggi Islam se-Indonesia ini yang akan diselenggarakan pada tanggal 25 Juni 2020 ini, menjadi Langkah besar UIN walisongo untuk terus mengajak perguruan tinggi Islam, bersama-sama melakukan penghijauan di Kampus, dalam upaya bersama mewujudkan kampus islam berkelanjutan.

Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, S.H, M.I.P dijadwalkan akan menjadi keynote speaker dalam kegiatan yang akan diikuti oleh para pimpinan di Perguruan tinggi islam dan umum di Indonesia ini.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari MM. MSc., Ketua UI GreenMetric akan menjelaskan mengenai implementasi pemeringkatan kampus hijau sedunia, sedangkan Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag akan memaparkan urgensi pengembangan kampus Hijau di Perguruan Tinggi Islam.

Selain itu, para pemateri dari para pimpinan perguruan akan memaparkan konsep dan hasil implementasi pengembangan kampus berbasis Kampus hijau di Univeritas masing-masing.

Materi terbagi dalam tiga sesi, sesi pertama akan disampaikan oleh Dr. Nyoman Suwartha, S.T,M.T, M.Agr dari Perwakilan UI GreenMetric (Universitas Indonesia), Sesi kedua mengenai Pengelolaan dan penataan Infrastruktur, energi dan Perubahan Iklim, dan Limbah akan dibahas oleh Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag (Rektor UIN Malik Ibrahim Malang), Dr. Ir. Budiyanto, M.IP (Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), dan Dr. Mukhsin Jamil, M.Ag (Wakil Rektor I UIN Walisongo Semarang)

Sedangkan, sesi ketiga akan dibahas mengenai Pengelolaan Air, Transportasi dan Pendidikan Penelitian mengenai pengembangan kampus berkelanjutan oleh Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag (Rektor UIN Raden Intan Lampung), Prof. Fathul Wahid, S.T, M.T (Rektor Universitas Islam Indonesia) Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd (IAIN Samarinda).

Kegiatan akan dimulai Pukul 09.00 (25 Juni 2020) yang akan disiarkan langsung lewat Zoom Virtual Meeting dan Channel Youtube UIN Walisongo Semarang, dan UI GreenMetric. Adapun kegiatan Call For Paper mengenai kampus Hijau akan menjadi salah satu rangkaian dalam kegiatan ini. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi Langkah bersama Perguruan tinggi islam se-Indonesia dalam mengembangkan kampus Hijau. (Tim Humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X