Ajak Perguruan Tinggi Islam Kembangkan Program Green Campus, UIGM dan UIN Walisongo Gelar Lokakarya Nasional

Walisongo Online, Semarang – “Pembangunan Berkelanjutan serta pengelolaan lingkungan hidup yang baik, merupakan tujuan bersama seluruh bangsa-bangsa di dunia yang harus terus ditopang oleh perguruan tinggi, terlebih bagi perguruan tinggi islam”

Hal demikian disampaikan oleh Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag saat menjadi keynote speaker dalam acara Lokakarya UI GreenMetric Perguruan tinggi Islam Se-Indonesia. (25/06/2020)

Lokakarya yang membahas Pengembangan Kampus Hijau di Perguruan Tinggi Islam ini merupakan hasil kerjasama UIN Walisongo Semarang dan UI GreenMetric World University Rangking dibaawah naungan Universitas Indonesia.

Dra. Peni Rahayu, M.Si, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Jawa Tengah, mewakili Gubernur Provinsi Jawa Tengah, menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya Pengembangan kampus Hijau sejalan dengan komitmen Pemprov Jawa Tengah untuk terus menambah Ruang Terbuka Hijau di Jawa Tengah.

“Kami sangat apresiasi langkah perguruan tinggi Islam untuk terus berkontribusi dalam melakukan penghijauan, terlebih untuk kampus-kampus di Jawa Tengah seperti UIn Walisongo Semarang” Ungkapnya

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc selaku perwakilan UI GreenMetric menjelaskan konsep pemeringkatan kampus Hijau. Menurut Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia ini, langkah bersama Universitas di Seluruh dunia untuk menerapakan Green Campus adalah sinyalmen positif dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan,

“UI GreenMetric sebagai lembaga pemeringkatan kampus hijau sedunia, terus medorong seluruh perguruan tinggi, termasuk perguruan tinggi Islam untuk berkontribusi aktif dalam pembangunan berkelanjutan lewat penerapan indikator-Indikator dalam UI GreenMetric” Jelas Prof Riri

UI GreenMetric melakukan pemeringkatan kampus Hijau sedunia lewat enam indikator; Setting Infrastruktur, Pengelolaan energy dan Perubahan Iklim, Pengelolaan Limbah, Air, Transportasi serta Penelitian dan Pendidikan.

Para pimpinan perguruan tinggi islam dan perwakilan dari Tim UI GreenMetric menjadi narasumber pada acara ini, Materi terbagi dalam tiga sesi, sesi pertama oleh Dr. Nyoman Suwartha, S.T,M.T, M.Agr ( UIGM, Universitas Indonesia).

Sesi kedua mengenai Pengelolaan dan penataan Infrastruktur, energi dan Perubahan Iklim, dan Limbah dibahas oleh Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag (Rektor UIN Malik Ibrahim Malang), Dr. Ir. Budiyanto, M.IP (Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), dan Dr. Mukhsin Jamil, M.Ag (Wakil Rektor I UIN Walisongo Semarang)

Sesi ketiga mengenai Pengelolaan Air, Transportasi dan Pendidikan Penelitian berbasis pembangunan berkelanjutan disampaikan oleh Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag (Rektor UIN Raden Intan Lampung), Prof. Fathul Wahid, S.T, M.T (Rektor Universitas Islam Indonesia) dan  Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd (Rektor IAIN Samarinda).

(Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *