UIN Walisongo Gelar Penyembelihan Hewan Kurban

 

UIN Walisongo Online, Semarang – UIN Walisongo Semarang tetap akan menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1441 Hijriah. Penyembelihan hewan kurban di masa pandemi ini akan dilakukan pada Senin (3/8/2020) mendatang.

Ketua Badan Amalan Islam (BAI) UIN Walisongo, Dr. H. Muhyar Fanani, M.Ag mengatakan, penyembelihan hewan kurban di UIN Walisongo akan dipusatkan di kampus 1.

Untuk menghindari kerumunan di masa pandemi, pihaknya telah menyiapkan beragam skenario secara matang. Dalam proses penyembelihan hewan maupun pembagian daging kurban tetap akan memperhatikan protokol kesehatan.

“Idul Adha ini kami tetap menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban. Kami sudah menyiapkan skenario dengan tetap memperhatikan protokol covid 19,” kata Muhyar, seusai rapat persiapan penyembelihan hewan kurban, Rabu (29/7/2020).

Sama halnya dengan tahun sebelumnya, hewan kurban yang akan disembelih adalah sapi dan kambing. Sebagian kambing dari donasi lembaga direncanakan akan dikirim ke luar Jawa.

Setelah hewan disembelih, akan dibagi-bagi sesuai daftar penerima. Panitia juga akan menyiapkan makanan bagi yang ingin menyantap daging kurban.

Penyiapan makanan akan disediakan di auditorium kampus 1. Agar tidak terjadi kerumunan, makanan daging kurban juga akan dikirim ke tiap-tiap fakultas.

“Daging yang sudah dimasak maupun yang belum, sebagian dikirim ke semua fakultas. Sisanya nanti di aula,” ucapnya.

Berdasarkan informasi, penyembelihan daging kurban pada tahun 2020 ini sementara atas pemberian 51 nama, baik pribadi atau lembaga. Dari 51 nama tersebut, ada yang menyumbang Sapi, namun mayoritas menyumbang uang. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X