Pengelolaan Daging Kurban di UIN Walisongo Ramah Lingkungan

 

UIN Walisongo Online, Semarang – UIN Walisongo menunjukkan komitmennya untuk mengurangi penggunaan sampah plastik dalam setiap kegiatannya. Pengurangan sampah plastik masuk dalam program smart and green kampus.

Salah satu implementasi smart and green kampus adalah distribusi daging kurban pada Idul Adha tahun 1441 Hijriah. Panitia penyembelihan hewan kurban tidak menggunakan plastik dalam pembagiannya.

“Pembagian tidak memakai plastik, kami gunakan tempat yang lebih ramah lingkungan,” kata Ketua Badan Amalan Islam (BAI) UIN Walisongo, Dr. H. Muhyar Fanani, M.Ag, Kamis (30/7/2020).

Meski tidak memakai plastik tak lantas membuat pengemasan menjadi tidak efisien. Panitia, sambung Muhyar, sudah menyiapkan tempat atau wadah daging kurban.

Tempat yang disiapkan yaitu besek, atau wadah dari anyaman bambu yang diproduksi secara tradisional. Besek kerap dipakai dalam kegiatan hajatan di masyarakat pedesaan.

“Kita sudah pesan besek sekitar 1.000. Besek-besek itu kami siapkan sebagai pengganti plastik,” tambahnya.

Agar pengemasan lebih rapi, daging kurban yang dimasukkan di dalam besek akan dilapisi dengan daun pisang.

“Di dalamnya juga kami lapisi dengan daun pisang. Jadi memang benar-benar diupayakan ramah lingkungan,” tambahnya.

Sebagai informasi, UIN Walisongo Semarang tetap akan menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1441 Hijriah. Penyembelihan hewan kurban di masa pandemi ini tidak dilakukan tepat saat hari raya pada Jumat besok, melainkan dilakukan pada Senin (3/8/2020) mendatang.

Penyembelihan hewan kurban di UIN Walisongo akan dipusatkan di kampus 1. Berdasarkan data sementara, penyembelihan daging kurban atas pemberian dari 51 nama, baik pribadi atau lembaga. Dari 51 nama tersebut, ada yang menyumbang Sapi, namun mayoritas menyumbang uang.

Untuk menghindari kerumunan di pandemi, telah disiapkan beberapa skenario dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid 19.

Setelah hewan disembelih pada Senin (3/8/2020), akan dibagi-bagi sesuai daftar penerima. Panitia juga akan menyiapkan makanan bagi yang ingin menyantap daging kurban.

Penyiapan makanan akan disediakan di auditorium kampus 1. Agar tidak terjadi kerumunan, makanan daging kurban juga akan dikirim ke tiap-tiap fakultas.

Sama halnya dengan tahun sebelumnya, hewan kurban yang akan disembelih adalah sapi dan kambing. Sebagian kambing dari donasi lembaga direncanakan akan dikirim ke luar Jawa. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X