Rektor UIN Walisongo Jelaskan Dimensi Akhlakul Karimah pada jama’ah Masjid Al-Ishlah

 

UIN Walisongo Online: Semarang – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Prof. Dr. H. Imam Taifiq, M.Ag., jelaskan tentang Implementasi Akhlakul Karimah Dalam Pelayanan Sektor Publik pada pengajian rutin bulanan jama’ah Masjid Al-Ishlah Gedung Keuangan Negara I Semarang, Selasa (18/08/2020).

Kegiatan ini dilakukan secara daring mulai pukul 13.00 WIB dan diikuti sekitar 180 peserta. Hadir didalamnya adalah Kepala Kantor Pelayananan Pajak (KPP) Pratama Semarang Tengah satu, Arista Priyo Adi, M.Si dan para Kepala KPP dilingkungan Kanwil Jawa Tengah I.

Acara ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Sulaimansyah, S.E.
Dalam sambutannya ia menyampaikan rasa terimakasihnya kepada rektor UIN Walisongo yang telah meluangkan waktunya untuk mengisi acara ini.

Dalam kajian keislaman kali ini, Imam Taufiq menjelaskan tentang pengertian akhlak, dilanjutkan dengan menghubungkan akhlak sebagai bentuk etika dalam melayani publik, dimensi akhlak dalam pelayanan publik beserta contoh kontekstual yang mudah dipahami oleh peserta.

“Bahwa mencintai pekerjaan yang kemudian menjadikan kita memberikan pelayanan terbaik dan prima kepada masyarakat adalah salah satu bentuk dari akhlaqul karimah dalam pekerjaan kita”, jelas Imam Taufiq.

Lebih lanjut, ia juga menegaskan bahwa menjadi Best Version dengan mengembangkan kemampuan yang dimiliki dalam menjalankan tugas, selain merupakan bentuk dari akhlakul karimah juga bagian dari ibadah.

Setelah pemaparan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Berbagai macam pertanyaan dilontarkan dari para jamaah, mulai dari pertanyaan teoritical mengenai akhlak, sampai pada pertanyaan teknis penerapan akhlakul karimah dalam pelayanan publik pada kantor pelayanan pajak.

Menutup acara, rektor UIN walisongo memberikan closing statement dengan pantun yang membuat semakin hangat dan semarak acara tersebut. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X