FPK UIN Walisongo Gelar Webinar dan Pembentukan IKA FPK

Minggu, 23 Agustus 2020, Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo mengadakan webinar sekaligus pembentukan pengurus ikatan alumni FPK. Penggagas webinar ini adalah Wakil Dekan III FPK yaitu Moh. Arifin, M.Hum. Webinar ini juga dihadiri oleh Dekan FPK, Wakil Dekan I, II, dan III FPK, Ketua Kalam UIN, Kajur dan Sekjur Prodi Psikologi dan Gizi, dosen dan tendik FPK, serta para alumni FPK.

 

Webinar dibuka pukul 09.35 oleh MC Dr. Nikmah Rochmawati, M.Si. Rangkaian acara ini diawali dengan pembacaan ayat sui Al Qur’an oleh Lana Yusriyatul Muna, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, yang dipandu oleh Wenny Dwi Kurniati, M.Si.  Acara ini juga disambut oleh Ketua kalam UIN Walisongo H Lukman Khakim, M.Si. Ketua kalam UIN Walisongo mengucapkan selamat untuk FPK yang sudah mempunyai alumni, yang mana alumni FPK ini akan menjadi terobosan dakwah baru dengan kemampuan yang dimiliki alumni. Pesan dari Bapak Lukman, alumni harus mempunyai kepercayaan diri bahwa alumni pasti mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain. Para alumni juga bisa kontak ke kantor sekretariat Alumni UIN Walisongo di Jakarta.

Dekan FPK Prof Syamsul Ma’arif, M.Ag sebagai keynote speaker dalam webinar ini, berpesan kepada alumni selalu bersyukur dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, sehingga alumni akan semakin mudah menjalani hidup yang penuh tantangan di era digital. Pembentukan IKA ini sangatlah urgent, agar dapat mempererat silaturrahmi, pengembangan institusi baik lembaga, dosen maupun alumni. Dalam proses silaturrahmi ini akan muncul gagasan ide baru, peluang pekerjaan baru, serta networking.  Dalam webinar ini Prof Syamsul mengangkat istilah urip kudu murup, artinya seseorang hidup itu harus menyala, agar bisa menerangi diri dan sekitarnya. Murup yang dimaksud alumni harus progresif, dinamis, kreatif, bergerak, berjalan,,menjemput bola, problem solving, memadukan softskill dan hardskill, serta learning by doing.

 

Selanjutnya kegiatan webinar bertema kiat mengawali usaha pasca wisuda dibawakan oleh dosen FPK yaitu Dwi Hartanti, M.Gizi. Beliau memaparkan bahwa terdapat 4 langkah mudah mengawali usaha : 1. Punya impian, yaitu tujuan untuk melakukan sesuatu. 2. Temukan passion dan cari masalah, passion kita apa yang kita sukai atau yang kita ahli didalammya. 3. Cari mentor, mencari sumber yang pernah melakukan usaha yang akan kamu lakukan. Pelajari hal-hal dari mentor. ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). 4. Take action. Bisnis yang paling baik adalah bisnis yang dimulai dan dijalankan.

 

Kegiatan inti selanjutnya adalah pembentukan pengurus ikatan alumni FPK. Wakil Dekan III, Moh Arifin, M.Hum memandu jalannya kegiatan ini. Berdasarkan data alumni FPK sebanyak 51 orang terdiri dari 43 orang alumni jurusan Psikologi dan 8 orang alumni jurusan Gizi, sebanyak 39 alumni yang dapat bergabung dalam webinar ini. Ketua IKA FPK yang terpilih adalah Tiyas Dwi Lestari, S.Gz. Wakil Ketua Faishal Afif Dewanda, S.Psi. dan Bendahara Bening Siti M, S.Psi. Dalam webinar ini juga disepakati penamaan ikatan alumni yaitu IKA FPK dan logo IKA FPK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X