Dosen UIN Walisongo Berguru Jurnal ke Pittsburgh University

15 dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo dikirim ke Pittsburgh University, Amerika Serikat, untuk mengikuti program Manajemen Penelitian dan Penulisan Jurnal Internasional. Mereka berada di Amerika Serikat sejak 3 Oktober 2016 lalu hingga 16 Oktober 2016 mendatang.

“Ini adalah program rutin, dilaksanakan pada tahun kedua. Tahun pertama dilakukan di University of Queensland (UQ) Brisbane Australia,” kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Walisongo, Dr Sholihan.

Hasil yang diharapkan dari pelatihan itu adalah kemampuan para dosen untuk menghasilkan proposal penelitian yang layak untuk diajukan ke lembaga-lembaga donor internasional serta artikel yang dapat diajukan ke jurnal-jurnal internasional.

Pittsburgh University dipilih tahun ini karena universitas tersebut termasuk dalam Konsorsium Perguruan Tinggi Indonesia-Pittsburgh (KPTIP), di mana  UIN Walisongo juga menjadi salah satu anggotanya. Pittsburgh University juga dikenal sebagai universitas terkemuka di Amerika serikat yang menonjol di bidang penelitian dan penerbitan di jurnal internasional.

Pelatihan tersebut diorganisir oleh Institute for International Studies in Education (IISE). Dilaksanakan dengan metode diskusi dan mengulas penulisan yang dipraktikkan secara langsung. Dipandu langsung oleh Direktur IISE, Prof. James Jacob dan Associate Director ISSE, Pro.f Stewart E Sutin, serta empat asisten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *