Penundaan Psikotes CPNS 2019 Dijadwalkan Awal Oktober

UIN Walisongo Online: Semarang  – Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Jawa Tengah telah terlaksana. Tes SKB yang diselenggarakan secara virtual atau online tersebut sukses berjalan selama delapan hari sejak 14 September hingga 21 September 2020. Tes SKB ini terdiri dari tiga jenis tes yaitu tes praktik kerja, psikotes dan wawancara.

Selama empat hari, tes praktik kerja yang diikuti oleh 114 peserta dari 58 titik lokasi (tilok) di seluruh Indonesia terlaksana dengan baik dan lancar. Tim penguji terdiri dari para Wakil Rektor, Kepala Biro dan para Dekan, Dokter dan Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkatan Data UIN Walisongo Semarang.
“Tim penguji dipilih dari jajaran pimpinan dan praktisi dengan harapan terlaksana seleksi SKB yang berkualitas sehingga diperoleh SDM yang unggul untuk mengisi 38 formasi”. Papar Dr Abdul Kholiq M.Ag, M.Ag. selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan.

Rektor UIN Walisongo Semarang turut memantau dan melakukan monitoring selama proses seleksi SKB berlangsung di Gedung ITC Kampus III UIN Walisongo Semarang.
“Proses seleksi SKB dapat dipastikan transparan dan professional dengan harapan didapatkan hasil yang terbaik,” ujar Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof Dr H Imam Taufiq, M Ag.

Rangkaian tes SKB seyogyanya dilanjutkan dengan psikotes secara serentak di seluruh Indonesia pada hari jumat, 18 September 2020 dan dikendalikan melalui server Kemenag Pusat. Namun dikarenakan terjadi kendala teknis pada sistem pusat, maka pelaksanaannya terpaksa ditunda.

Disampaikan oleh Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawaian UIN Walisongo Semarang, M Sirojuddin Munir MM, bahwa ujian psikotes mengalami gangguan pada sistem aplikasi pusat ketika dioperasikan peserta. Meskipun panitia pusat sudah berusaha melakukan perbaikan agar tes tetap berjalan pada hari yang sama, namun gangguan tetap terjadi saat aplikasi kembali dioperasikan.

“Untuk memaksimalkan performa aplikasi ketika dioperasikan peserta, perlu dilakukan perbaikan secara menyeluruh. Karenanya psikotes terpaksa ditunda dan dipastikan akan dilaksanakan kembali pada tanggal 3 Oktober 2020.” Terangnya.

Seleksi SKB diakhiri dengan tes wawancara selama tiga hari dari 19 hingga 21 September 2020. Tes wawancara secara virtual terlaksana dengan lancar dan selesai sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X