FPK dan DP3A Semarang Siapkan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

UIN Walisongo Online, Semarang – Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) UIN Walisongo Semarang teken kontrak kerjasama dengan DP3A Semarang. Hadir sebagai perwakilan, yaitu Prof. Dr. H. Syamsul Ma’arif, M.Ag, selaku dekan FPK dan Drs Muhammad Khadhik, M.Si, selaku Kadis DP3A, Rabu (23/09/2020).

Dalam sambutannya, dekan FPK menyampaikan rasa syukur yang mendalam bahwa dua jurusan pada fakultas yang dipimpinnya, yaitu jurusan Psikologi dan Gizi, masing-masing telah meraih nilai B saat akreditasi yang pertama. Selain itu fakultas yang tergolong muda ini juga sudah berhasil memiliki jurnal yang berskala internasional. Rasa syukur ini semakin bertambah manakala dipercaya oleh berbagai pihak untuk melakukan kerjasama, baik di bidang gizi maupun psikologi, salah satunya dengan DP3A ini.

Senada dengan sambutan dekan FPK, Kadis DP3A juga menjelaskan bahwa masing-masing pihak, baik dari FPK, khususnya jurusan Psikologi dan DP3A, ternyata memiliki visi misi yang selaras, sehingga memenuhi syarat untuk melakukan konsep bergerak bersama sebagaimana yang dicanangkan oleh walkota Semarang Hendar Priadi.
“Tugas pokok DP3A adalah memberdayakan perempuan yang mencakup perlindungan perempuan sekaligus perlindungan anak. Semua ini tidak lepas dari pendampingan psikologis.” Ujar Muhammad Khadhik.

Meskipun kasus kekerasan, KDRT, pernikahan dini dan cerai gugat telah mengalami angka penurunan, akan tetapi menurut DP3A, angka yang ada masih cukup tinggi, sehingga kerjasama dengan para psikolog di lembaga seperti UIN masih sangat dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X