Inilah Alasan Mahasiswa Pilih UIN Walisongo Semarang

 

UIN Walisongo Online, Semarang (24/9): Tidak dipungkiri, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang merupakan salah satu perguruan tinggi islam negeri ternama di Indonesia, dan saat ini menjadi salah satu universitas papan atas di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). UIN Walisongo Semarang tercatat sebagai PTKIN terbaik ke-2 berdasarkan penilaian Kementerian Agama, PTKIN kampus hijau terbaik ke-2 berdasarkan penilaian Universitas Indonesia GreenMetric (UIGM), dan peringkat ke-5 PTKIN berdasarkan 4ICU.

Semarak kegiatan belajar mengajar selama pandemi ini tetap berjalan dengan lancar dan tidak luntur dengan model daring, termasuk untuk mahasiswa baru. Perkuliahan untuk mahasiswa baru diawali dengan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) pada tanggal 7-10 September 2020. Lebih dari 3.500 mahasiswa baru telah mengikuti PBAK daring dengan antusias.

Ternyata di balik euforia itu, ada hal yang menarik yaitu apa alasan utama mereka memilih UIN Walisongo Semarang. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh univeristas, alasan-alasan mahasiswa tersebut tidaklah tunggal.

Hasil survei mahasiswa baru.

Menurut Lulu Chorun Nisa, daya tarik UIN Walisongo paling besar ada pada status Akreditasi.
“Sebanyak 91% mahasiswa baru menyatakan bahwa akreditasi merupakan pertimbangan mereka dalam memilih UIN Walisongo,” ungkap Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN Walisongo. Dari 43 program studi, 49% diantaranya telah terakreditasi A, demikian juga dengan akreditasi institusi univeritas yang juga berpredikat A.

Pertimbangan lain mahasiswa adalah biaya yang sangat terjangkau (71%). UIN Walisongo memiliki range tujuh kelompok UKT dan tidak ada sumbangan lain. Beasiswa atau UKT kelompok 1 juga diberikan kepada mahasiswa berprestasi atau mahasiswa tahfidz. Selain itu, UIN Walisongo juga menyediakan UKT khusus bagi mahasiswa pemegang KIP-K yang memenuhi kriteria.

Aspek lain yang menjadi alasan mahasiswa memilih UIN Walisongo adalah mata kuliah yang dtawarkan (68%), rangking atau reputasi Universitas (68%), dan tokoh/figur yang ada di UIN Walisongo (65%). Selebihnya, karena saran orang tua, organisasi, lokasi yang strategis, saran guru dan lainnya.

Di samping itu terdapat hal-hal menarik yang menjadi alasan mahasiswa baru memilih UIN Walisongo. Alasannya karena taglinenya smart and green campus. Adanya Prodi Ilmu Seni dan Arsitektur Islam, juga menjadi daya tarik yang luar biasa. Alasan berikutnya karena terdapat Prodi Gizi dan Prodi Ilmu Falak.

Sementara itu, saat diminta konfirmasi perihal ketertarikan mahasiswa baru ini, Imam Taufiq mengapresiasi atas pilihan mahasiswa baru ini.

“Kita patut bersyukur para orang tua dan masyarakat sudah melek infomasi dan paham kampus mana yang harus dipilih dan status akreditasi sebagai pertimbangan menunjukkan kampus ini dipercaya, UIN diamanahi untuk selalu menjaga kualitas dan penjaminan mutu di segala aspek,” demikian respon Rektor UIN Walisongo. (Tim Humas).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X