Peringati Hari Kesehatan Mental, KKN RDR 75 UIN Walisongo adakan Webinar di Tengah Pandemi Covid-19

KKN Reguler Dari Rumah Angkatan 75 Kelompok 139 UIN Walisongo Semarang menggelar webinar kesehatan mental secara virtual via Zoom, Sabtu (10/10/2020).

Webinar tersebut mengusung tema “Menghindari Stres di Tengah Pandemi Covid-19”. Webinar ini digelar sekaligus untuk memperingati hari Mental sedunia yang jatuh pada 10 Oktober 2020. Acara tersebut dibuka oleh Bapak Rikza Chamami, MSi selaku Ketua LP2M UIN Walisongo Semarang, dengan narasumber Dosen Fakultas Psikologi UIN Walisongo Semarang, Ibu Lucky Ade Sessiani, S.Psi., M.Psi., Psikolog., serta didampingi oleh Ibu Pradipta Kurniasanti, S. KM., M.Gizi selaku Dosen Pendamping Lapangan Kelompok 139.

“Kelompok 139 KKN UIN Walisongo Semarang merupakan pendobrak webinar pertama dengan tema yang sangat bermanfaat karena mengajak para peserta bagaimana cara menghindari dan mengelola stres di tengah kondisi saat ini,” ungkap Rikza Chamimi MSi

Dalam kondisi pandemi ini, Pemerintah mengharuskan masyarakat untuk membatasi aktivitasnya dengan hanya di rumah saja. Sering kali memunculkan beberapa permasalahan seperti adanya perubahan baik itu dari segi ekonomi, pendidikan, perilaku masyarakat, dan IPTEK. Tidak hanya itu, Pandemi COVID-19 juga memunculkan Stress dan adaptasi serta kebiasaan baru yang lebih produktif.

Ibu Lucky Ade Sessiani, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Sebagai narasumber menerangkan bahwa “Stress muncul disebabkan karena adanya peristiwa atau situasi yang terjadi kemudian menghubungkan peristiwa atau situasi tersebut dengan kejadian masa lalu kemudian menyimpulkan apakah peristiwa atau situasi tersebut menyenangkan atau tidak.

Apabila peristiwa atau situasi tersebut tidak menyenangkan maka seperti tidak sesuai harapan, dapat berakibat buruk kedepannya dan bersifat mengancam. Maka akan menimbulkan ketegangan, stress dan emosi negative dalam diri kita.

Oleh karena itu, stress bukan sesuatu yang harus dihindari, melainkan dikelola dengan baik, yaitu dengan cara mengelola diri sendiri menjadi adaptif (Self Management).

Terdapat 5 strategi dalam Self management diantaranya Awareness( Kesadaran tentang diri sendiri dan kenyataan diluar diri), Relationships (Kemampuan membina dan mempertahankan hubungan interpersonal), Plannig (Orientasi ke masa depan, serta mampu menetapkan prioritas dan tujuan yang jelas), Decixion Making (Kemampuan menentukan pilihan dan memutuskan), dan yang terakhir yaitu Action (Kemampuan dalam bertindak secara realistis dan efektif)”.

“Tak perlu menunggu pandemi hilang karena setiap hari merupakan hari yang baru. Maka dari itu, ucapkanlah kalimat positif dan membangun untuk diri setiap harinya,” sambungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X