Tingkatkan Kolaborasi Level Internasional, Jurusan TI adakan Webinar

 

UIN Walisongo Online: Semarang – Jurusan Teknologi dan Informasi Fakultas Sain dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang selenggarakan webinar internasional dengan tema Research and Innovation on Information Technology, Rabu (21/10/2020).

Kegiatan ini mendatangkan empat narasumeber. Tiga berasal dari luar Negeri, yakni Michael Davis, B.Sc. dari Queens University, Pritam Deka, M.Tech. dari Royal Global University, India, Ferda Ernawan, Ph.D. dari Universiti Malaysia Pahang dan satu narasumber dari UIN Walisongo, Masy Ari Ulinuha, M.T.

Dekan FST dalam welcome speechnya mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya webinar tersebut. Ia juga menyatakan bahwa webinar ini akan memperluas jalinan kolaborasi khususnya UIN Walisongo dengan kampus di luar negara Indonesia dalam pengembangan teknologi informasi.

“Dengan adanya webinar Internasional ini, saya berharap kita dapat memperluas jaringan kolaborasi kita dalam level internasional,” jelas Ismail.
Sejalan dengan tujuan dari diadakannya kegiatan ini, yakni diantaranya mendorong adanya kolaborasi Internasional dalam penelitian di bidang teknologi informasi, Dr. H. M. Mukhsin Jami, M.Ag selaku wakil rektor I dalam sambutannya juga menjelaskan mengenai cepatnya perkembangan dunia teknologi informasi serta dampak positif dan negatifnya bagi kehidupan manusia.

“Seperti yang kita ketahui, percepatan dunia teknologi informasi begitu pesat sehingga memberikan dampak positif yakni dapat mempermudah kegiatan dalam berbagai bidang. Tapi perlu diketahui juga, pesatnya perkembangan ini juga memberikan dampak negatif terkait penyebaran informasi dalam dunia global.” Terang Jamil.

Lebih lanjut, ia juga berharap dengan adanya webinar ini dapat memperkaya pengetahuan kita mengenai kemajuan teknologi informasi dalam dunia global serta dampak yang diakibatkannya.
Sebanyak kurang lebih 350 peserta telah mengikuti webinar ini yang terdiri dari berbagai kalangan, seperti dosen, mahasiswa, anggota Aptikom dan umum. Antusiasme peserta cukup baik dengan beberapa tema yang diangkat oleh narasumber. Pembicara pertama adalah Michael Davis dengan mengangkat tema Research Challenges in Distributed Consensus and Replicated State Machines. Kemudian dilanjutkan dengan pemateri kedua, yang bertemakan Basics of Natural Language Processing and It’s Usage oleh Pritam Deka. Lalu dilanjutkan pemateri ketiga yakni Ferda Emawan yang mengangkat tema Research Trend on Image Processing dan narasumber ke-empat, Masy Ari Ulinnuha dengan tema Researh Opportunity on Point Cloud Processing in Medical Image.

Webinar berlangsung sangat menarik dengan panduan moderator yang tanggap dan lugas menanggapi pertanyaan dari peserta serta membantu menjelaskan maksud peserta pada narasumber, pun sebaliknya. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X