Peringati Hari Santri, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Ngaji Online

UIN Walisongo Online, Banjarnegara – Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2020 dengan mengadakan kegiatan ngaji virtual melalui platform social media Instagram. Kegiatan tersebut mengusung tema “Kekinian Ala Santri Milenial di Era Digital”. Rabu (21/10/2020)

Riki Juana, Koordinator Kelompok 125 KKN UIN Walisongo Semarang menjelaskan bahwa ngaji secara virtual ini diinisiasi dalam rangka memanfaatkan media yang ada dan meminimalisir timbulnya kerumunan di tengah pandemi ini. Sifatnya pun lebih terbuka untuk siapapun dan fleksibel karena dapat diikuti dari manapun.

“Kami berinisiatif mengadakan ngaji secara online untuk memanfaatkan social media Instagram melalui fitur siaran langsung. Jika ngaji ini kita lakukan secara offline takutnya akan menimbulkan kerumunan dan terlalu beresiko karena pandemic belum berakhir. Positifnya dari kegiatan ngaji secara online seperti ini ialah salah satunya lebih terbuka karena dapat diikuti oleh siapa saja dan lebih fleksible karena dimanapun berada bisa ikut mengaji” Jelas Riki.

Ustadz Miftahul Asror, dari Pondok Pesantren Uswatun Hasanah, pembiacara dalam ngaji online tersebut memberikan argument bahwasanya santri dijaman sekarang tidak bisa disamakan dengan jaman dahulu, namun tiap santri harus bisa memantaskan diri sendiri dengan tetap menjalankan nilai-nilai islami di era digital ini.

“Kita yang dijaman sekarang tidak bisa disamakan dengan orang yang dulu, jaman kita sudah berbeda. Tetapi, jadilah santri yang bisa memantaskan diri sendiri. Nilai islam jangan sampai tergerus jaman, harus senantiasa kita jalankan dan amalkan di era modern ini” Ujar Ustadz muda itu

Harapannya santri milenial dimasa kini dapat menfaatkan media dan teknologi secara arif, lalu menjadi kekinian yang senantiasa mendekatkan diri kepada sang Pencipta di era modern ini. Selamat Hari Santri Tahun 2020, Santri Sehat Indonesia Kuat. (KKN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X