Sambut Maulid Nabi, KKN Reguler Adakan Lomba Pildacil Via Daring

UIN Walisongo Online: Semarang – Di Indonesia, terdapat beragam cara yang berbeda dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tergantung pada adat istiadat di setiap daerah masing-masing. Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini jatuh pada hari kamis tanggal 29 Oktober 2020 atau 12 Rabi’ul Awal 1442 H.

Perayaan maulid Nabi Muhammad tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang biasanya mengadakan kegiatan dengan mengundang orang banyak dalam suatu pengajian. Ditahun ini, perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW hanya bisa dilakukan di rumah masing-masing, karena sesuai dengan anjuran pemerintah yaitu masyarakat dihimbau untuk tidak berkerumun mengingat tingkat penularan COVID-19 di Indonesia masih cukup tinggi.

Ada banyak cara untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW tanpa mengumpulkan orang banyak di suatu tempat, salah satunya yaitu dengan mengadakan lomba pildacil secara online seperti yang diselenggarakan oleh Para Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah Ke-75 UIN Walisongo Semarang Kelompok 139 pada hari Kamis, 29 Oktober 2020 melalui Google Meet.
“Lomba pildacil online yang diadakan oleh Kelompok 139 KKN Reguler Dari Rumah Ke-75 ini mengusung tema ‘Meneladani Akhlak Terpuji Rasullullah SAW’, tujuan dari diadakannya lomba pildacil online ini yaitu sebagai ajang kreativitas dan mengasah kemampuan anak-anak dalam berdakwah.” Ujar Ibu Pradipta Kurniasanti selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN Reguler dari Rumah ke-75 UIN Walisongo Semarang kelompok 139.

Kegiatan ini ditujukan untuk anak-anak berusia 5-12 tahun, peserta lomba pildacil online ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Bogor, Bekasi, Jepara, Semarang dan masih banyak lagi. Juri lomba pildacil online ini yaitu Bapak Rafi Fajrin Azhari S.Sos.i selaku Ustadz dan pengurus Masjid Al-Muhajjirin, Cipulir, kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
Sebelumnya peserta yang mengikuti lomba pildacil ini mengumpulkan video yang berdurasi 3-10 menit kepada panitia dan mengunggahnya ke akun youtube masing-masing. Kemudian, panitia meminta kepada juri untuk menilai video hasil kiriman para peserta. Kriteria penilaian yang dinilai oleh juri meliputi suara, intonasi, aksentuasi, ekspresi serta adab dalam menyampaikan materi dakwah.

Pengumuman dari lomba pildacil online ini, diumumkan pada hari kamis tanggal 29 Oktober 2020 bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW melalui Google meet. Juara 1 lomba pildacil Online kali ini yaitu Ananda Rafka Lutfi Chandra dan Rifki Zaki Chandra asal Bogor, Juara 2 diraih oleh Ananda Ikrimah Nafisatul Farida dari Bogor, dan Juara 3 diraih oleh Ananda Hafizha Zahwa Kamila dari Jepara.
Rafka Lutfi Chandra dan Rifki Zaki Chandra selaku pemenang juara 1 lomba pildacil online yang diselenggarakan oleh kelompok 139 mengucapkan terimakasih kepada para panitia penyelenggara kegiatan lomba pildacil online ini

“Kami sangat senang setelah mengetahui kami memenangkan lomba ini, mengingat ini merupakan pertama kalinya kami melakukan tausiah. Semoga kami dapat menjadi seorang da’i muda untuk kedepannya. Terimakasih kepada kakak-kakak penyelenggara lomba pildacil online ini.” Ujar Rafka dan Rifki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X