UKM Risalah FST UIN Walisongo Semarang Gelar Risalah Islamic Fest Virtual

UIN Walisongo Online – Semarang-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Rebana Ilmu Seni Al-Quran dan Tilawah (Risalah) adakan Risalah Islamic Fest (RIF) Virtual Tingkat Nasional 2020 dengan mengangkat tema ‘Merangkai Persaudaraan Menuju Cinta Ilahi dalam Semarak Harlah Fakultas Sains dan Teknologi untuk Mewujudkan Harmoni dalam Kebhinekaan, Selasa (03/11/2020).

Kegiatan yang diselenggarakan dari tanggal 1 September- 3 November ini berhasil mengumpulkan peserta sebanyak 108 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. 50 peserta di cabang lomba Cover Sholawat dan 58 peserta lainnya di cabang lomba Tilawah.

Penanyangan karya peserta, serentak dilakukan pada kanal Youtube UKM Risalah yakni RISALAH FST Walisongo, (18/10/2020). Sedangkan untuk penjurian dan penilaian dilakukan selama dua minggu, (18-31/10/2020).

Pengumuman juara dilakukan secara live streaming melalui Chanel Youtube RISALAH FST Walisongo pada pukul 09.00. Berikut ini nama-nama para juara, Juara Cover Sholawat: Nahdlatus Syubban, Sidoarjo (Juara 1),  AdVee Media, Sidoarjo (Juara 2), Nur Hamnah, Pati (Juara 3), Syifaul Qulub, Wonosobo (Harapan 1), El Hawa, Kendal (Harapan 2), Muridu Syafa’ah, Jogjakarta (Harapan 3), Dzikro akustik, Tegal (Juara Terfavorit). Juara Tilawah: Ulul Amri, Riau (Juara 1), Isnaini Khalimatus Sa’diyah, Kudus (Juara 2), Nur Fitriani, Riau (Juara 3), Layyinatul Faizah, Pati (Harapan 1), Luluk Isnainiyah, Sidoarjo (Harapan 2), Arina Manasikana, Gresik (Harapan 3), Nanang Maulana Maskur, Kediri (Juara Terfavorit).

Dalam sambutannya, Ketua panitia, Haiz, menyampaikan rasa syukur karena di masa pandemi seperti saat ini, bisa melaksanakan kegiatan rutinan yakni Risalah Islamic Fest (RIF) yang sudah berjalan selama tiga tahun. Bedanya Risalah Islamic Fest tahun ini dilaksanakan secara virtual  dengan tambahan satu cabang lomba yakni Tilawah.

“Meskipun dimasa pandemi, tidak akan menyulutkan semangat kami untuk tetap menyelenggarakan Risalah Islamic Fest untuk yang ketiga kalinya. Walaupun, kegiatan ini harus diadakan secara virtual. Tahun ini ada dua cabang lomba yang kami usung yakni Cover Sholawat dan Tilawah,” katanya.

Mahasiswa Pendidikan Kimia ini berharap dengan diselenggarakan kegiatan ini kita bisa semakin cinta sholawat dan cinta Al- Quran.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, kita dapat meningkatkan mahabbah kita melalui lantunan sholawat  dan menambah rasa cinta terhadap Al Qur’an dari lantunan ayat suci Al Qur’an yang dibawakan oleh para peserta,” ucap Haiz.

Dalam sambutannya di Live Streaming, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Ismail menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi kepada segenap panitia yang telah menyelenggrakan RIF 2020 dengan sukses. Ia juga berharap kegiatan ini bisa melestarikan seni islami dan meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

“Even nasional ini saya harapkan semakin melestarikan seni dan budaya islami yakni sholawat nabi dan tilawah serta meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT,” pungkas Ismail. (Rizki Nur Fadilah-Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Walisongo/Tim Humas)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X