Tahun 2020, UIN Walisongo Berhasil Pertahankan Rangking 2 Kampus Hijau di PTKIN

UIN Walisongo Online, Jakarta- Senin (07/11/2020), UIGreenMetric World University Ranking mengumumkan rangking dunia untuk universitas-universitas berkelanjutan. Universitas yang berpartisipasi dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada tahun 2020 ini, universitas yang ukut serta sebanyak 912 universitas dari 84 negara di seluruh dunia, baik di Asia, Eropa, Amerika, Australia, dan Afrika. Jumlah universitas yang ikut serta meningkat dari tahun sebelumnya yang sebanyak 780 universitas di seluruh dunia.

“Ini sangat membanggakan bagi kita semua, karena jumlah partisipan yang terus meningkat ini menunjukkan bahwa kesadaran universitas untuk mengelola kampusnya secara berkelanjutan terus meningkat, karena pemeringkatan ini merupakan bagian dari upaya menilai pengelolaan universitas-universitas di dunia dalam kaitannya dengan menjalankan prinpsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, papar Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc, selaku Chairperson UIGreenMetric World University Ranking.

Pemeringkatan ini dilakukan berdasarkan penilaian secara komprehensip terhadap 6 indikator dan 39 aspek yang mencerminkan bagaimana kampus dikelola secara berkelanjutan, yaitu setting and infrastructure (SI), Energy and Climate Change (EC), Waste (WS), Water (WR), Transportation (TR), Education and Research (ED), tegas Prof. Riri pada saat mengumumkan penghargaan.
Pada tahun 2020 ini, UIN Walisongo menempati rangking 384 dunia, rangking 32 nasional, dan rangking 2 kategori Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

“Kita patut bersyukur, dengan komitmen yang tinggi dan kerja keras yang terus menerus tanpa lelah, UIN Walisongo mampu menaikan point secara signifikan, sehingga mampu mempertahankan peringkat 2 kampus hijau tingkat PTKI, bahkan secara nasional kita naik satu peringkat dari tahun lalu menjadi 32 dari 88 universitas yang berpartisipasi. Ini juga membanggakan bagi keluarga besar Kementerian Agama RI, karena kampus PTKI mampu bersaing secara nasional dan dunia”, ungkap Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag.

Secara terpisah, Dr. Mukhsin Jamil, M.Ag, selaku Ketua WeGreen UIN Walisongo menyatakan bahwa UIN Walisongo akan terus berupaya agar pada tahun depan bisa masuk 30 besar nasional. “Kami terus berupaya agar tahun depan bisa naik lagi, 30 besar nasional lah, meskipun kita sangat bersyukur bahwa tahun ini skor GreenMetric UIN Walisongo sudah naik secara signifikan, yakni dari 4.100 di tahun 2019, menjadi 5.625 di tahun 2020.

Peningkatan skor ini menunjukkan bahwa progress kita sangat bagus, semua bekerja secara simultan mulai dari tingkat universitas hingga fakultas. Kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, segenap pimpinan tingkat universitas maupun fakultas”, tegasnya.

Sebagaimana diketahui, universitas rangking 5 besar dunia ditempati oleh Wageningen University University of Oxford, Nottingham University, Nottingham Trent University.

Sedangkan 5 untuk rangking universitas di Indonesia ditempati oleh Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, IPB University, dan ITS Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *