Buktikan Berkualitas, Prodi AFI FUHum Sukses Raih Akreditasi A

UIN Walisongo Online, Semarang – Upaya peningkatan mutu diberbagai lini Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHum) UIN Walisongo membuahkan hasil maksimal. Kini Program Studi (Prodi) jenjang S1 Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) resmi menyandang nilai akreditasi A.

Sertifikat Akreditasi Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam FUHum UIN Walisongo terakreditasi A

Hal tersebut berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 8049/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2020, menyatakan bahwa Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam, pada Program Sarjana Universitas Islam Negeri Walisongo memenuhi syarat peringkat Akreditasi A.

Sertifikat akreditasi program studi tersebut berlaku sejak tanggal 8 Desember 2020 sampai dengan 8 Desember 2025.

Dekan FUHum Dr. Hasyim Muhammad mengatakan bahwa Prodi AFI yang dulu bernama Akidah dan Filsafat adalah prodi tertua di Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo.

“Sebagai prodi tertua tentu prodi AFI memiliki pengalaman yang panjang dalam melaksanakan Tri Dharma pendidikan tinggi. Prodi AFI UIN di UIN Walisongo ini telah membuktikan diri sebagai Prodi yang unggul dalam kajian ilmu-ilmu keislaman dalam rangka menjawab tantangan zaman dan menyelesaikan problem-problem kemanusiaan dan peradaban. Ini merupakan bagian dari visi UIN Walisongo, dan prodi AFI telah membuktikannya. Kedepan prodi AFI harus selalu terdepan dalam mengemban amanat yang sangat luhur ini,” terang Dekan saat Tim Web FUHum menghubunginya, Rabu (9/12/20).

Dekan juga menambahkan dengan hasil akreditasi ini, sarjana alumni AFI semakin siap berkontribusi menjawab tantangan zaman.

“Masyarakat membutuhkan figur-figur sarjana yang siap membangun masyarakat yang memiliki komitmen keimanan dan keislaman yang kuat serta kecerdasan dan kreatifitas yang tinggi untuk menjawab tantangan zaman. Insyaallah Alumni prodi AFI yang dibekali ilmu keislaman dan kefilsafatan akan mampu mengemban amanat itu,” tambahnya.

Seluruh civitas akademika FUHum menyambut gembira hasil penilaian tersebut. Ucapan selamat dan apresiasi pun mengalir dari berbagai pihak.

Rektor UIN Walisongo Prof. Imam Taufiq secara khusus mengucapkan selamat kepada Kaprodi, Sekprodi AFI dan keluarga besar FUHum.

“Selamat AFI, kereeen, selamat Pak Pak Tarom dan Bu Ibah. Selamat seluruh keluarga besar FUHUM, i proud u all,” ucapnya.

Ucapan selamat juga datang dari Wakil Rektor I UIN Walisongo Dr Mukhsin Jamil.

“Alhamdulillah. Akreditasi Prodi AFI naik peringkat dari B (334) menjadi A (371). Semoga berkah manfaat untuk institusi, alumni, mahasiswa dan kita semua,” ucapnya.

Muhtarom, M.Ag. selaku Kaprodi AFI tak ketinggalan meluapkan rasa bersyukurnya. Ia mengucapkan terima kasih karena hasil ini tidak lepas dari peran semua pihak.

“Kami atas nama prodi AFI mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan, bantuan, dan doanya untuk akreditas AFI baik sebelum dan pada saat AL. Alhamdulillah sudah keluar hasilnya Prodi AFI terkareditasi A dengan nilai yang memuaskan (371). Semoga Allah membalas kebaikan bpk/ibu /saudara dengan balasan yang berlipat dan semoga pencapaian ini membawa berkah dan kebaikan untuk kita semua,” terangnya melalui pesan WA.

Dengan hasil yang membanggakan ini, tahun akademik yang akan datang diprediksi peminat Prodi AFI akan semakin meningkat. Terlebih, setelah lulus nanti alumni Prodi AFI yang bergelar Sarjana Agama (S.Ag.) ini akan bertambah mendapat kepercayaan masyarakat. Baik saat memasuki dunia kerja, lanjut jenjang S2 maupun langsung berkontribusi bagi masyarakat dan mampu menghadapi berbagai tantangan di zaman now.

Sebagai informasi, Asesmen Lapangan (AL) daring Prodi AFI telah dilaksanakan pada 2-3 Desember 2020 di Rektorat Baru Kampus III. Adapun yang bertindak sebagai team asesor waktu itu adalah Dr. Alim Roswantoro dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Kusmana, Ph.D. dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X