Masuki hari Kelima, Diklatpimnas Bahas Perubahan Sosial akibat Pandemi Covid-19

UIN Walisongo online, Semarang-  Memasuki hari kelima, Peserta Diklatpimnas 2020 diberi pembekalan mengenai materi refleksi dan proyeksi perubahan sosial. Kamis (24/12)

Bertindak sebagai pemateri ialah, Dr. H. Rumadi Ahmad, MA. Alumni UIN Walisongo Semarang yang kini menjabat sebagai Ketua Lakpesdam PBNU ini menjelaskan mengenai nilai-nilai baru dalam masyarakat yang berkemungkinan merubah tatanan kehidupan sosial masyarakat.

“Nilai-nilai baru dalam masyarakat cepat atau lambat akan mempengaruhi sikap dan pola kehidupan masyarakat” ujarnya.

Ia pun menyinggung bahwa pandemi Covid-19 telah menyebabkan terjadinya perubahan multidimensional pada masyarakat, termasuk didalamnya adalah aktifitas kegiatan di dalam kampus dan gerakan kemahasiswaan.

“Pandemi Covid-19, seakan membawa teknologi menjadi mukjizat sosial, gerak sosial yang terbatas memang sangat terbantu oleh kemajuan teknologi, namun tentu hal ini membawa dampak perubahan sosial yang cukup signifikan” tambahnya.

Lebih lanjut, Rumadi berpandangan bahwa kondisi tersebut menuntut mahasiswa untuk dapat apatif dan responsif dalam mengelola kondisi.

“Gerakan mahasiswa perlu adaptif dan responsif terhadap perubahan-perubahan ini, selain matang secara akademik, mahasiswa juga tetap harus matang secara sosial” Pungkasnya.

Adapun kegiatan yang tengah memasuki hari kelima ini dimoderatori oleh Mishbah K Zuhri, MA, Dosen Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang.

(Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *