FISIP Lepas 130 Mahasiswa PPL Skema Khusus ke-2 Gelombang 1

 

UIN Walisongo Online: Semarang – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Walisongo Semarang menggelar acara pelepasan mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) skema khusus ke-2 gelombang 1 secara daring pada Rabu (06/01/2021). Pelepasan ini dipimpin langsung oleh Dekan FISIP dan dihadiri para pimpinan fakultas, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dosen Pamong dari masing-masing instansi tempat PPL, Panitia serta mahasiswa peserta PPL.

Dekan FISIP, Dr. Misbah Zulfa Elizabeth, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan bahwa PPL ini adalah PPL ke Skema Khusus yang sudah berjalan ke dua selama Pandemi. PPL Skema Khusus merupakan PPL yang dirancang guna merespon perubahan pelaksanaan sistem akademik di tengah Pademi Covid -19 di mana semua hal yang berkenaan dengan proses akademik harus berjalan sebagaimana mestinya namun tetap memperhatikan protokol kesehatan yang sudah diserukan oleh pemerintah.

“PPL merupakan bagian dari kegiatan akademik yang sifatnya praktik sehingga output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah mahasiswa memiliki pengalaman layaknya orang yang bekerja di suatu instansi. Di mana mereka bisa mengimplementasi ilmu yang didapat selama perkuliahan di kelas dan bisa menyerap hal-hal baru dari tempat mereka melaksanakan PPL.” Terang Elizabeth.

“Maka dari itu kami memasrahkan 130 mahasiswa yang terdiri dari 50 mahasiswa Jurusan Ilmu Politik dan 80 mahasiswa Sosiologi kepada Bapak dan Ibu untuk dibimbing selama 45 hari ke depan,” lanjutnya.

Secara simbolis Dekan FISIP menyerahkan mahasiswa kepada dosen Pamong. Ilmu Politik diwakili Anang Kurniawan dengan Dosen Pamong Safa’ati Nurgiyanti yang lokasi PPLnya di Kelurahan Mangunhardjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Sedangkan dari Sosiologi diwakili Siti Rahayu dengan Dosen Pamongnya, Wahyu Wono Projo yang pelaksanaan PPLnya berlokasi di Desa Kalosi Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan.

Perwakilan dosen pamong dalam sambutannya berharap bahwa dengan adanya mahasiswa PPL dari FISIP UIN Walisongo Semarang bisa membantu meringankan kerja instansi dalam melaksanakan pekerjaan harian. Khususnya berkenaan dengan penangan Covid-19 dan juga membantu menyelesaikan permasalahan lainnya yang berkait dengan ilmu yang mereka miliki.

PPL skema khusus ke-2 gelombang 1 masa pandemi Covid-19 tahun 2021 ini dilaksanakan lebih dari 100 desa yang terseber di beberapa provinsi diantaranya; Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatra Barat, dan Aceh (Fisip/Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X