Mahasiswa Akuntansi Syariah UIN Walisongo Raih Juara Harapan 2 Lomba Esai Nasional 2021

UIN Walisongo Online, Semarang – Mahasiswa Prodi Akuntansi Syariah UIN Walisongo kembali mengharumkan nama kampus dengan meraih Juara Harapan 2 dalam Lomba Esai Nasional 2021.

Kegiatan ini mengangkat tema “Peran Generasi Muda sebagai Agent of Change dalam Mengoptimalkan Sumber Daya di Era New Normal yang diselenggarakan oleh UKM Koperasi Mahasiswa Bahtera Manunggal Politeknik Negeri Semarang pada Sabtu (16/01/2021).

Lomba Esai Nasional ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Dies Natalis Kopma Bahtera Manunggal yang diikuti oleh berbagai Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta di Indonesia.

Dalam kegiatan esai tersebut terdiri dari beberapa tahapan dengan tahapan awal pendaftaran serta seleksi berkas. Dari tahapan tersebut tersaring sejumlah 64 Perguruan Tinggi di Indonesia, masing – masing delegasinya mengirimkan semua karya dan tahapan selanjutnya merupakan final. Pada tahap final hanya dipilih 10 Perguruan Tinggi dengan karya terbaik, salah satunya tim delegasi dari UIN Walisongo Semarang.

Kemudian di tahap final masing-masing peserta yang masuk kedalam 10 besar akan mempresentasikan karyanya beserta sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab berlangsung pada hari Sabtu (09/01/2021) pukul 07.30 tepat.

“Masing-masing peserta mendapatkan urutan presentasi ditentukan oleh panitia lomba di awal acara. Tim delegasi dari UIN Walisongo Semarang yang diketuai oleh Nining Sulistyowati serta dua rekan lainnya Tutut Ida Purwatiningsih dan Eqi Suciati mendapat urutan ke 8”, ujar panita.

Judul Karya Esai yang disusun Mahasiswa Prodi Akuntansi Syariah UIN Walisongo Semarang yaitu “Peran KeRaMas (Kelompok Remaja Masjid) dalam Implementasi Social Safety Net di Era New Normal” denga isi bagaimana peran pemuda dapat meningkatkan potensi kemampuannya di Era New Normal.

“Melihat potensi ziswaf yang cukup besar bagi masyarakat, akan tetapi masih sedikit realisasinya”, jelas Nining.

Pemuda sebagai agent of change diharapkan mampu membantu serta mendongkrak kesadaran masyarakat terhadap ziswaf. Sehingga realisasi yang muncul akibat hal tersebut dapat meningkatkan stabilitas ekonomi. Pasalnya dengan wabah yang sedang terjadi di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia sangat berpengaruh terhadap rantai ekonomi masyarakat.

Hasil final yang telah diumumkan pada hari ini memperoleh hasil Juara 1 delegasi Politekik Negeri Semarang, Juara 2 delegasi Universitas Brawijaya, Juara 3 delegasi Universitas Indonesia, Harapan 1 Delegasi Universitas Negeri Yogyakarta, Harapan 2 UIN Walisongo Semarang dan Harapan 3 delegasi Universitas Negeri Medan.

Dr. H. Muhamad Saifullah, M.Ag selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mengapresiasi prestasi mahasiswa akuntansi syariah yang telah mengharumkan nama UIN Walisongo.

“Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam selalu mendorong mahasiswa akan terus berprestasi dengan menyediakan atmosfir akademik serta pembinaan prestasi khususnya dibawah bimbingan program studi”, tutup beliau di lain kesempatan. (TIM HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X