Siapkan Pemimpin Berkarakter, UIN Walisongo Bekali Mahasiswa Pelatihan Kepemimpinan

UIN Walisongo Online, Magelang – UIN Walisongo Semarang menggelar kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Dasar, Menengah, dan Lanjut Tahun 2022. Bertajuk “Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Berkarakter di Era Disrupsi”, kegiatan ini digelar di Grand Artos Hotel Magelang pada Selasa-Rabu (28-29/6/2022).
Kegiatan ini diikuti oleh 61 mahasiswa dari berbagai organisasi di lingkungan UIN Walisongo.
Peserta adalah 18 mahasiswa pelatihan tingkat dasar, 20 mahasiswa tingkat menengah, 20 mahasiswa tingkat lanjut, dan 3 mahasiswa monitoring Dema dan Sema.
Hadir sekaligus membuka acara, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr Arief Budiman, M Ag.
Arief mengapresiasi inisiasi kegiatan ini sebagai momentum pembentukan karakter pemimpin dalam diri mahasiswa sebagai duta Walisongo Muda.
“Kegiatan ini sangat penting dalam memastikan tongkat estafet kepemimpinan di tingkat mahasiswa.” Tutur Arief.
Arief juga menekankan bahwa mahasiswa adalah agen of change. Hal ini yang menjadi tanggung jawab lembaga dalam hal ini universitas untuk mengelola dan mengembangkan peran mahasiswa sebagai inisiator dan katalisator dalam mahasiswa.
“Ini menjadi tanggung jawab yang berat bagi kami. Sebagai kampus yang baik, kami akan memfasilitasi mahasiswa salah satunya dengan kegiatan ini. Oleh karena itu saya berharap kalian yang ada di sini bisa menjadi pemimpin hebat di masa depan.” tandasnya.
Drs Muntoha, Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan membeberkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan kader bangsa sebagai pemimpin masa depan. Tidak sampai di situ, pemimpin yang diharapkan adalah pemimpin yang memiliki karakter baik, berkualitas, dan standar yang jelas.
“Saya anggap perlu untuk mengadakan kegiatan pelatihan ini, karena dari mahasiswa lah calon-calon pemimpin hebat masa depan akan muncul. Oleh karena itu, harus dilatih hingga tercipta kader yang berkarakter dan terstandar.” Jelas Muntoha.
Kegiatan dilanjutkan sesi malam dengan dibagi kelompok menjadi tiga yaitu pelatihan kepemimpinan tingkat dasar, menengah, dan lanjut.
Di masing-masing tingkatan diberikan materi dengan dibimbing langsung oleh para Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dari masing-masing fakultas.
Untuk mencetak generasi yang berkarakter, maka kegiatan ini ditutup dengan istighasah ratibul kubra yang dipimpin oleh Wakil Dekan Fakultas Syariah dan Hukum. (HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X