Workshop Kurikulum Ma’had Pendidikan Tinggi Islam: Menuju Generasi Islami Moderat dan Berkompetensi

UIN Walisongo Online, Semarang – Ma’had Al Jami’ah UIN Walisongo menyelenggarakan Workshop Standarisasi Kurikulum Ma’had Perguruan Tinggi Islam dengan tema “Menuju Kurikulum Standar yang Mewujudkan Generasi Islam Moderat dan Berkompetensi” pada Kamis, 11 Juli 2024. Acara ini berlangsung di Ballroom Hotel Mahima Semarang dan dihadiri kurang lebih 51 peserta yang terdiri dari beberapa perwakilan pondok mitra UIN Walisongo. Workshop ini merupakan salah satu persiapan untuk menyambut santri baru Ma’had Al-Jamiah Walisongo. Acara ini dibuka oleh wakil rektor II UIN Walisongo Semarang, Dr. H. Ahmad Ismail, M. Ag. Acara tersebut juga dihadiri oleh para wakil rektor UIN Walisongo Semarang.


KH. Ahmad Mutohar, M.Ag., selaku Kepala Ma’had UIN Walisongo, mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya workshop ini supaya setiap pesantren mitra dengan Ma’had Al-Jamiah Walisongo memiliki standar kurikulum yang sama. Selain itu, supaya ketika ada assessment akhir atau evaluasi, kurikulum yang dibakukan dapat dijadikan sebagai acuan. Harapan dari kepala Ma’had Al-Jamiah Walisongo dari terlaksananya workshop ini adalah adanya kurikulum yang telah distandarisasi dan dibuat buku panduan pada setiap aspek pengetahuan.
Workshop Standarisasi Kurikulum Ma’had Perguruan Tinggi Islam ini mendatangkan narasumber yaitu Dr. H. Muh. Syaifudin, M. A. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi diskusi kelompok yang membahas mengenai tawaran metode pembelajaran yang perlu diterapkan di ma’had al-Jami’ah dan pondok pesantren mitra. Pada sesi ini, peserta dibagi menjadi empat kelompok yaitu kelompok Al-Qur’an Hadits, Tauhid, Fiqih, dan Moderasi Beragama yang kemudian hasil diskusinya dipresentasikan serta ditanggapi oleh kelompok lain. Kemudian acara ini ditutup oleh kepala Ma’had al-Jami’ah Walisongo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *