UIN Walisongo Adakan Sosialisasi dan Motivasi di SMA N 1 Bergas

UIN Walisongo Online, Semarang –Tim Admisi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang yang merupakan gabungan Unit Admisi, Humas, perwakilan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Ilmu Politik (Fisip), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), serta mahasiswa Walisongo Campus Ambassador (WCA) memberikan motivasi dan pengenalan kampus UIN Walisongo di SMA Negeri 1 Bergas pada Selasa, 23 Juli 2024. Acara tersebut merupakan wujud respon dari UIN Walisongo terhadap permintaan sekolah untuk terjun langsung berkontribusi memberikan motivasi kepada siswa-siswi kelas XII SMA sebagai langkah persiapan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sebagai pelengkap kegiatan tersebut, Tim Admisi memberikan informasi tentang UIN Walisongo Semarang serta memberikan bantuan teknis pendaftaran di tempat bagi alumni SMA N 1 Bergas.

Dalam acara yang dikemas melalui presentasi dan dialog interaktif tersebut, 259 siswa kelas XII SMAN 1 Bergas menunjukkan antusiasme sangat tinggi saat mendengarkan paparan dan jawaban dari tim Admisi atas pertanyaan mereka. Mereka pun mendapatkan informasi lengkap mengenai 8 fakultas, 50 program studi, 18 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), fasilitas, keunggulan serta berbagai kegiatan akademik dan non-akademik mahasiswa UIN Walisongo yang informasinya dapat diakses secara lengkap melalui pmb.walisongo.ac.id.

UIN Walisongo memberikan pendidikan terbaik yang didukung fasilitas memadai serta lingkungan belajar yang kondusif. “Mayoritas ruang kelas kami sudah dilengkapi dengan flat interactive panel (Smart TV), AC serta akses free wifi. Hotspot area untuk free wifi tersebut juga menyentuh semua sudut dan fasilitas kampus. Bahkan kami memiliki planetarium terbesar se Asia Tenggara,” ujar Kepala Unit Admisi UIN Walisongo Semarang, Sayyidatul Fadillah, M.Pd. Terangnya.

“UKT kami juga sangat terjangkau, berkisar antara 400 ribu hingga 6,5 juta per semester dan tanpa Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) atau biaya lainnya. Bahkan bagi mereka yang ingin menikmati program kampus seperti International Class Program (ICP), Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Lapangan Persekolahan (PLP), Kuliah Kerja Lapangan (KKL) luar negeri tetap bisa dijangkau para mahasiswa dari golongan menengah ke bawah,” lanjut Sayyidah.

“Kami berharap siswa-siswi SMA N 1 Bergas nantinya serta para lulusan bisa bergabung dengan kami di UIN Walisongo Semarang untuk bersama-sama meraih masa depan yang lebih baik. Saat ini UIN Walisongo masih membuka pendaftaran mahasiswa baru hingga 30 Juli 2024 untuk jalur mandiri prestasi nilai raport (jalurprestasi.walisongo.ac.id), dan jalur mandiri nilai UTBK dan UMPTKIN (jalurnilai.walisongo.ac.id). Mari segera bergabung dengan kami di UIN Walisongo Semarang,” Dr. Hamdan Hadi Kusuma, S.Pd., M.Sc., Wakil Dekan 1 FST, menginformasikan.

Dr. H. Nur Abadi, S.Ag., M.Pd., Kabag TU Fisip menambahkan informasi bahwa lebih dari 70% prodi di UIN Walisongo sudah terakreditasi UNGGUL, termasuk Prodi Sosiologi dan Ilmu Politik, sehingga para calon mahasiswa baru pendaftar UIN Walisongo tidak perlu khawatir dengan kualitas Pendidikan di UIN Walisongo, kurikulum dan sarana prasarananya.

“Prodi kami bahkan meraih penghargaan sebagai Relawan Pajak Tax Center dari Kanwil Jateng. Itu sebagai bukti bahwa mahasiswa kami bukan hanya mendapatkan teori selama kuliah namun juga terasah praktik riil menerapkan ilmu mereka dengan mengabdi di masyarakat luas. Disamping itu, mahasiswa kami juga menorehkan prestasinya di ajang kompetisi nasional dan internasional seperti menjadi Juara 2 Lomba Pasar Modal Syariah ajang bergengsi International Olympiad on Islamic Economics and Business (IOSIE) 2024, dll,” ujar Ana Zahrotun Nihayah, M.A., dosen FEBI.

Fat Maulana dan Firyal Raniah Rizka AZ mewakili WCA menyampaikan rasa terima kasih kepada UIN Walisongo yang telah memberikan kesempatan baginya terlibat langsung berbagi pengalaman kepada siswa kelas XII SMA N 1 Bergas. Mereka mengakui telah banyak pengalaman dan prestasi yang ditorehkan selama menjadi mahasiswa UIN Walisongo.

“Kesempatan berkembang dan bertumbuh secara akademik dan non akademik bisa kami dapatkan secara maksimal karena UIN Walisongo telah menyediakan lebih dari 18 UKM yang mengakomodir semua bakat dan minat kami dan teman-teman kami,” akunya.

Kepala Sekolah SMA N 1 Bergas, Titik Rahayu, S.Si., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada UIN Walisongo atas kontribusinya memberikan motivasi dan sosialisasi kampus UIN Walisongo Semarang. Menurutnya, acara semacam ini sangat bermanfaat bagi siswa dalam menentukan pilihan perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

“Dengan adanya sosialisasi ini, kami berharap siswa-siswi kami dapat lebih mengenal kampus-kampus, termasuk UIN Walisongo Semarang. Kami optimis para siswa dan alumni kami termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, termasuk ke UIN Walisongo Semarang” ujar Titik Rahayu, S.Si., M.Si. (Syd-UA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *